PENGARUH LAMA PEMESINAN TERHADAP MUTU PEMESINAN STAINLESS STEEL MENGGUNAKAN PAHAT KERAMIK

Abdul Haris Nasution

Abstract


Pahat potong keramik telah dikembangkan sebagai alternatif teknologi untuk karbida sementit dalam rangka meningkatkan kecepatan potong dan produktivitas. Struktur keramik ditandai dengan ketahanan panas tinggi dan stabilitas kimia yang unggul. Salah satu perkembangan penting dalam dekade terakhir telah menjadikan pahat berbahan keramik semakin banyak digunakan dalam operasi mesin. Pahat berbahan keramik saat ini digunakan dalam pemotongan logam pada  alumina (Al2O3) atau silikon nitrida (Si3N4), SiAlON. Fokus  penelitian untuk menemukan karakteristik pahat  potong berbahan keramik pada pemesinan stainless steel. Benda kerja material stainless steel bar (austenitik 304) dan komposit keramik (Al2O3 TiC) adalah pahat yang digunakan untuk memotong.  Dua parameter digunakan percobaan ini, pertama kecepatan potong adalah konstan dan waktu mesin perubahan. Kedua tingkat pakan adalah perubahan. Eksperimental ini adalah untuk menemukan kinerja alat pemotong pada kekasaran permukaan dalam stainless steel mesin. Dari percobaan itu menemukan bahwa jika peningkatan waktu mesin akan memberikan peningkatan keausan pahat  dan memberikan efek kekasaran permukaan material benda kerja.


Full Text:

PDF

References


Bothrooyd, G., 1989, Fundamentals of metal machining and machine tools. Mc. Graw Hill Book Company. Singapore

Kalpakjian, S., 1995, Manufacturing Engineering and Technology. Addison–Wesley publishing company, United States of America

Kennametal Canada, 2000, Kennametal Catalog 6000. lathe tooling Alberta Unit no 2, 97050 – 51 Avenue Edmonton, ABTGEDAS

Knight, J et al, 1995, Improved Model to Determine tool life and optimum cutting speed for minimum Machining Cost. Advanced in manufacturing Technology IX. Proceeding of the Eleventh National Conference on Manufacturing Research. Leicester, 12 – 14 September 1995 ; De Montfort University.

Ted, K. et al. 1989, Machining of Stainless Steels. Metals Handbook, Ninth edition Volume 16 : Machining. ASM International Handbook Cominitte. Metals park. OHIO 44073.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdul Haris Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License