ANALISA MUTU MINYAK KELAPA SAWIT DENGAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus Di PT. Sumber Sawit Makmur)

Bonar Harahap, Tri Hernawati, Aulia Rachman Hasibuan

Abstract


PT. Sumber Sawit Makmur merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengolahan kelapa sawit yang tidak lepas dari masalah yang berhubungan dengan mutu hasil pengolahan TBS menjadi Minyak kelapa sawit yang diakibatkan oleh tidak sesuainya dengan standar kualitas/mutu. Hal ini dapat terlihat dengan frekuensi kecacatan yang terjadi pada produksi kelapa sawit akibat kerusakan tersebut target produksi tidak tercapa peningkatan mutu Minyak Kelapa sawit pada perusahaan ini adalah dengan melakukan identifikasi faktor-faktor yangberpengaruh terhadap Mutu Minyak Kelapa sawit dengan menggunakan metode Taguchi untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh dan meningkatkan Mutu Minyak Kelapa sawit. Dari hasil penelitian yang telah diselesaikan  rata-rata dari setiap faktor yang  memiliki pengaruh yang lebih besar terhadapMutu Minyak Kelapa sawit. Dimana nilai G1 (Unit Klarifikasi) sebesar 19.75. D1 (Tekanan  pada perebusan) sebesar 26 dan B2  (Lama penimbunan pada loading ramp) sebesar  25,5. Dari pengolahan  data dan analisa dapat diketahui bahwa pengaruh kualitas disebabkan tiga faktor utama yaitu  unit klarifikasi, tekanan pada perebusan dan lama penimbunan pada loading Ramp).

Full Text:

PDF

References


Ahmad Yudi Arfan, 2013, Skripsi Peningkatan Kualitas Produk Karet dengan Mengunakan Metode Data Evelopment Analysis (DEA) dan Metode Taguchi (Pabrik Industri Karet PTPN 3 Sei Silau Asahan).Fakultas Teknik Industri Universitas Sumatera Utara.

Debrina Puspita Andriani, 2014, Skripsi Pengendalian Kualitas Penyulingan minyak daun cengkeh dengan Metode Taguchi.Fakultas Teknik Industri Universitas Brawijaya.

Derita Meliana Sitorus, 2012, Skripsi Analisa dan Usulan Perbaikan Kualitas Produk dengan Metode Taguchi ( Studi Kasus PT Asam Jawa). Fakultas Teknik Industri Universitas Sumatera Utara.

Irwan, Haryono Didi, 2015, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikastif), Alfabeta, Bandung

Irwan, Haryono Didi, 2015, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikastif). Alfabeta, Bandung.

Moh. Hartono, 2012, Meningkatkan Mutu Produk Plastik Dengan Metode Taguchi, Jurnal, Teknik Mesin Politeknik Negri Malang.

Soejanto, Irwan, 2009, Desain Eksperimen Dengan Metode Taguchi, Graha Ilmu,Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bonar Harahap, Tri Hernawati, Aulia Rachman Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License