ANALISIS PERBANDINGAN KUAT LEKAT TULANGAN POLOS DENGAN TULANGAN BERULIR

Gunawan Tarigan

Abstract


Salah satu percobaan yang dapat dilakukan untuk mengetahui perilaku dari sifat– sifat monolit balok terhadap material tarik lainnya adalah melalui percobaan tarik (pull out test). Melalui percobaan ini, tulangan beton yang sudah ditanamkan ke dalam beton dengan bentuk serta ciri-ciri yang telah ditentukan akan ditarik dengan kecepatan konstan sampai beton tersebut pecah atau tercabut baja tulangannya. Oleh karena itu nantinya diharapkan diperoleh nilai–nilai perilaku beton seperti kuat lekat baja tulangan terhadap beton. Melalui percobaan tarik (pull out test) ini pula kita dapat membandingkan kuat lekat baja tulangan ulir yang umumnya dipergunakan dalam proyek besar terhadap kuat lekat tulangan polos yang umumnya dipergunakan dalam proyek skala kecil. Dengan demikian, dapat diketahui dan dibuktikan secara empiris bahwa nilai kuat lekat baja tulangan ulir adalah jauh lebih besar dari pada kuat lekat tulangan polos untuk material dan campuran beton yang sama.

 


Full Text:

PDF

References


Daniele Palessone, Cusatis Gianluca, Mencarelli, Baylot James.T,, 2008, Dinamyc Pullout Test Simulation Using The Lattice Discrete Particle Model, Vancouver BC, Canada.

Filho Sanchez dan Teressa Maria, 2008, Analysis Of The Relative Rib Area Of Reinforcing Bars Pullout Test, Brazil.

Farol Alavi. M dan Marzouk. H, 2004, Bond Of High Strength Concrete Under Monotonic Pullout Loading, Momerial University of Newfoundland, Canada.

Good Fellow Brian, 2004, Design And Aplication Of A Fiber Pullout Test For Examining Controlled Interface In Fiber Reinforced Polymers, Cornell University, Austin.

J.G.M. Van Mier, Markovich, Walravca J.C, 2007, Single Fiber Pullout From Hybrid Fiber Reinforced Concrete, Deft University of Technology, 2007.

Tastani S.P. dan Pantazopoulou S.J, 2002, Experimental Evaluation Of The Direct Tension Pullout Bond Test, Democritus University of Trace, Budhapest.

Wahyudi Reza, 2009, Pullout Test Behavior, Archlink Consultant, Medan.

www.ibracon.com, 2009, Technique To Monitoring The Crack Width And The Neutral Axis Potition Of Steel Fiber Reinforced Concrete Beams Subjected To Bending.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Gunawan Tarigan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License