SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH KAMPUS DI KOTA DUMAI DENGAN METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS

Trisna Mesra, Juni Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria-kriteria apa yang diinginkan oleh calon mahasiswa dalam menetapkan pilihan untuk melanjutkan studi. Target penelitian ini adalah menemukan kriteria-kriteria apa saja yang menjadi pilihan siswa dan orang tua siswa kelas XII sehingga akan dapat menjadi masukan bagi STT Dumai untuk pengembangan kedepannya. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dimana  metoda ini akan dapat menentukan alternatif pilihan siswa SMA/SMK berdasarkan kriteria-kriteria yang dikemukakan oleh siswa. Kriteria pemilihan kampus yang ditetapkan oleh siswa ini akan menjadi suatu masukan bagi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai untuk pengembangan kedepannya untuk mewujudkan jumlah mahasiswa yang diharapkan oleh kampus.Berdasarkan hasil forum Group Discusion (FGD) dengan stake holder dan expert maka didapatkan kriteria pemilihan adalah jenis kampus (subkriteria universitas, institut, sekolah tinggi dan akademi), Kualitas (prestasi kampus, dosen, lulsan cepat kerja, akreditasi), Biaya (subkriteria mahal, sedang, murah) dan kriteria sarana prasarana(subkriteria gedung megah, ruang kuliah yang nyaman, sarana olahraga, perpustakaan lengkap, laboratorium lengkap). Berdasarkan perhiungan dengan Metode AHP diperoleh kriteria tertinggi adalah kriteria kualitas dengan bobot nilai 0,4417. Dari subkriteria Jenis atau model kampus adalah universitas dengan bobot nilai 0,3945, subkriteria kualitas adalah lulusan cepat kerja dengan bobot nilai 0,3946, subkriteria biaya adalah biaya sedang dengan bobot nilai 0,4835 dan subkriteria sarana prasarana adalah laboratorium yang lengkap dengan bobot nilai 0,35. Jadi kriteria  yang mempengaruhi pemilihan tempat studi lanjut bagi siswa dan orang tua di Kota Dumai adalah kualitas dengan pilihan universitas, lulusan cepat kerja, biaya sedang dan laboratorium yang lengkap.


Full Text:

PDF

References


Harahap , A.D, dkk., 2017, Pengaruh Reputasi Universitas terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Studi Universitas Islam Sumatera Utara, Prosiding seminar Nasional dan Konferensi, Forum Manajemen Indonesia (FMI 9) Semarang.

Marimin, 2015, Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk, Grasindo

Nurwildani, F., 2014, Analisa Faktor Pndukung Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Tingkat srjana menggunakan metoda AHP.

Nurhidayat.A, 2015, Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Untuk siswa Yang Melanjutkan Kuliah

Syafar M, 2018, Sistem Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi di UIN Alauddin Berbasis WEB dengan Metode Analytic Hierarcy Process (AHP), Jurnal INSTEK Vol.3, No 2

Sugiono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta

Supranto, 2005, Teknik Pengambilan Keputusan, Rineka Cipta

Warjiyono, 2015, Analisis faktor pemilihan perguruan tinggi di Tegal berdasarkan jenjang pendidikan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Jurnal Evolusi Vol.3 No.2 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Trisna Mesra, Juni Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License