PENILAIAN DAYA SAING INOVASI

Luthfi Parinduri

Abstract


Kerja reformasi pendidikan tinggi adalah dengan cara-cara inovatif untuk menghasilkan beragam inovasi yang berdaya saing dari pendidikan tinggi, pada gilirannya akan menjadikan bangsa yang mandiri. Hingga saat ini Kerja Inovatif, dan Kompetitif  belum merupakan budaya bangsa, terkesan seolah olah bangsa ini kehilangan semangat. Semangat itu perlu digairahkan kembali melalui seruan, pengingatan dan tentunya motivasi dan keteladanan. Untuk membangun karakter bangsa yang mandiri, seluruh bangsa perlu memunculkan budaya inovasi yang dapat bersaing di kancah internasional. Inovasi pada dasarnya merupakan sebuah elemen di balik kemajuan sebuah negara. Inovasi yang berkelanjutan akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pada akhirnya akan menjadi kata kunci memperkuat daya saing suatu negara dalam percaturan  internasional. Agar inovasi yang dilakukan terarah, maka perlu diketahui faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat terjadinya inovasi. juga peran perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai suatu bangsa, indikator kemampuan atau daya saing bangsa terletak pada faktor pendidikan tinggi dan inovasi. Sehingga peran perguruan tinggi dalam membudayakan inovasi dan meningkatkan daya saing bangsa menjadi sangat penting. Adapun faktor ataupun indikator lainnya merupakan porsi dan tanggung jawab pemerintah maupun dunia usaha. Salah satu strategi dalam bingkai competitiveness untuk mencapai kualitas pendidikan tinggi yang diakui dalam berbagai kalangan secara global adalah kerja sama.


Full Text:

PDF

References


Erlinda N. Yunus, 2014, inovasi membangun daya saing bangsa, melalui

Hidayat Yorianta Sasaerila, dkk, 2014, Inovasi 1-747 Program Strategis Inovasi Indonesia, Cetakan Pertama, Ebook dari Komite Inovasi Nasional (KIN), Jakarta.

Korea selatan hijrah ke budaya inovasi

http://industri.bisnis.com/read/20160124/84/ 512460/indeks-inovasi-bloomberg-2016-korea-selatan-negara-paling-inovatif

Myung Oak Kim & Sam Jaffe, 2013, The New Korea: Mengungkap Kebangkitan Ekonomi Korea Selatan, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Soumitra Dutta, Bruno Lanvin, and Sacha Wunsch-Vincent, 2015, The Global Innovation Index 2015, Effective Innovation Policies for Development, Suggested citation: Cornell University, INSEAD, and WIPO, Fontainebleau, Ithaca, and Geneva.

Zuhal, 2010, Knowledge dan Innovation Platform Kekuatan daya Saing, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Luthfi Parinduri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License