PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PT. PLN (PERSERO) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PATUMBAK MEDAN SELATAN (Studi Kasus Pelanggan Dengan Daya 23.000 VA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas pelayanan pada PT. PLN (Persero) di Patumbak. PT. PLN (Persero) di Patumbak baik, karna Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa semuanya valid untuk variabel Tangible, Realibiliity, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Desire Service dan Adequate Service karena nilai r hitung lebih besar dari nilai r table yaitu = 0,279. Yang mempunyai validitas tertinggi adalah nomor instrumen 28 dengan koefisien korelasi 0,781 dan paling rendah adalah nomor instrumen 23 dengan koefisien korelasi 0,450. Indikator-indikator yang tertinggi dari rata-rata jumlah koefisien korelasinya pada variabel kualitas pelayanan adalah Responsiveness dengan koefisien korelasinya 0,70125, kemudian Realibility 0,61625, Tengible 0,647, Assurance 0,616 dan terakhir adalah Empathy 0,68. Sedangkan pada variabel kepuasan pelanggan yang tertinggi adalah Adequate Service dengan koefisien korelasinya 0,68975 dan pada Desire Service dengan koefisien korelasinya yaitu 0,59725. Pengujian instrumen juga dinyatakan reliabel karna nilai yang diperoleh melebihi nilai standar yaitu 0,64 dan dibawah 0,90. Uji reliabilitas ini memberikan indikasi bahwa keandalan kuesioner yang digunakan berkorelasi tinggi dan diterima.
Full Text:
PDFReferences
. Kotler, Philip & Susanto, 2000. Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Salemba, Jakarta.
. Nasution, M Nur, 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Ghalia Indonesia. Bogor Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Graha Ilmu. Yogyakarta Sinambela, L Poltak. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara. Jakarta
. Soedjas, Triwibowo, 2014. Layanan Wow untuk Pelanggan. Media Pressindo. Yogyakarta
. Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.Bandung.
. Sutopo dan Suryanto, Adi. 2006. Pelayanan Prima. Jakarta Lembaga Administrasi Negara
. Tjiptono, Fandi. 2006. Manajemen Jasa. CV Andi OFFEST. Yogyakarta
. Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Indeks. Jakarta
. Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.30743/but.v16i1.3533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 M.Akbar Mi’raji, Suliawati Suliawati, Mahrani Arfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Buletin Utama Teknik
Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id
Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License