SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) PADA PNPM MANDIRI KABUPATEN DELI SERDANG MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY

Prayogo Syahputra

Abstract


Untuk mengevaluasi keberhasilan program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) pada PNPM Mandiri Kabupaten Deli Serdang perlu dilakukannya sebuah penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap hasil dari program Kotaku. Maka dalam penelitian ini akan dibangun  sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam penentuan tingkat kepuasan masyarakat terhadap program Kotaku. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah diatas adalah Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML) dan disertai dengan rancangan interface sistem. Kelebihan sistem ini yaitu dapat melakukan perhitungan dengan sangat cepat dan efektif. Sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu dalam menentukan tingkat kepuasan masyarakat yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. Namun masih terdapat beberapa kelemahan sistem diantaranya sistem ini memiliki tampilan interface yang sederhana serta belum memiliki fitur untuk membackup database.


Full Text:

PDF

References


. Hidayat, Muhammad, 2018, Analisa dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerimaan Karyawan PT. Dos Ni Roha Jambi Menggunakan Metode MAUT (Multi Attribute Utility Theory). Jurnal Processor. Hal 115. Vol 13 (1).

. Nofriansyah, Dicky, 2016, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa/I Teladan Dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analisis (MOORA). Jurnal Riset Komputer. Hal 115. Vol 5 (2).

. Sanyoto, Gatot Pujo, 2017, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional dengan Metode AHP (Studi Kasus Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kemdikbud). Jurnal Pilar Nusantara Mandiri. Hal 168. Vol 5 (1).

. Setiawan, Andry, 2016, Rancang Bangun Edugame The World of Word Berbasis 3D dengan Implementasi Speech Recognition. Jurnal Teknik Informatika. Hal 30. Vol 1 (1).

. Simanungkalit, Rio Pratama, 2018, Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Alternatif Supplier Bahan Baku Pada PT. Tesena Inovindo. Jurnal Seminar Nasional Cendikiawan. Hal 184. Vol 1 (1).

. Syahrizal Muhammad, 2017, Perancangan Sistem Aplikasi Pembuatan Roster Mata Kuliah Perguruan Tinggi. Jurnal Pelita Informatika. Hal 40. Vol 1 (2).

. Taufiq Ghofar, 2016, Implementasi Logika Fuzzy Tahani Untuk Model Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Hal 13. Vol XII (1).

. Wardani Sri, 2018, Analisis Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Siswa Calon Peserta Olimpiade Dengan Metode MOORA. Jurnal Teknovasi. Hal 19. Vol 5 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prayogo Syahputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License