ANALISA KECELAKAAN KERJA DENGAN PERHITUNGAN ISR DAN IFR DAN PENGUKURAN PELUANG RESIKO MENGGUNAKAN DISTRIBUSI POISON PADA BAGIAN LADLE FURNACE

Luthfi Parinduri, Bonar Harahap, Wage Suryadi

Abstract


Manajemen yang efektif serta efesien diperlukan khususnya dalam menganalisis kecelakaan kerja terhadap karyawan. Setiap pekerjaan itu selalu memiliki resiko sehingga setiap karyawan harus tercegah dari resiko kecelakaan kerja. Penelitian ini untuk  mengukur tingkat kecelakaan dan jumlah hari yang hilang, guna mengetahui frekuensi kecelakaan kerja, berat kecelakaan dan tingkat resiko kecelakaan yang terjadi dibagian ladle furnace. Dalam perhitungan selama 12 bulan menunjukkan tidak terjadi kecelakaan pada setiap juta jam, kecuali bulan Mei, Agustus dan Oktober. Hal lain menunjukkan bahwa tidak ada hari yang hilang selama 12 bulan pada per 1.000.000 jam kerja orang, kecuali pada bulan Mei. Peluang terjadinya kecelakaan relative kecil namun tetap disarankan agar pelaksanaan K3 khususnya bagian ladle furnace ditegakkan secara disiplin sebagai langkah corrective sehingga tujuan, target, dan sasaran K3 tercapai.


Full Text:

PDF

References


. Kumar, A., 2015, Analysis of Safety Performance Rating in Thermal Power Plant. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering. 5(1): pp. 120–128.

. Ridley,John. 2008, Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Erlangga. Jakarta.

. Romadiaty, F., 2011. Evaluasi Penerapan Prosedur Operasional Sistem Manajemen Keselamatan, Jurnal Teknik dan Manajemen Industri. 6(2): pp. 97–105.

. Suma’mur. 1987, Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan, CV. Haji Masagung. Jakarta.

. UU No. 1 Tahun 1970, tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. 3 Tahun 1998, Tentang Tata Cara Pelaporan dan Pemeriksaan Kecelakaan. Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Luthfi Parinduri, Bonar Harahap, Wage Suryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License