SISTEM ADMINISTRASI SMP SWASTA ISLAM AZIZI MEDAN

Siti Rukmana, Hasdiana Hasdiana, Tantri Hidayati Sinaga

Abstract


Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesatnya dengan didukungnya sumber daya manusia yang berkualitas dan memadai, diharapkan mampu membuat sistem yang dapat membantu sekolah terutama dalam mengelolah data pembayaran sekolah. Sistem Pembayaran Biaya Pendidikan Siswa pada SMP Swasta Islam Azizi Medan masih menggunakan sistem yang manual. Hal ini menyebabkan sulitnya mencari data pembayaran siswa yang sudah terjadi apabila diperlukan kembali dan kepala sekolah tidak mengetahui staff siapa yang menerima transaksi yang sudah terjadi serta pembuatan laporan transaksi pembayaran yang kurang akurat. Penelitian ini memiliki tujuan utama agar terbangunnya sistem informasi yang dapat digunakan dalam sistem pembayaran iuran siswa. Metode yang digunakan adalah waterfall dengan model pengembangan Design Thinking yang mampu membuat sistem secara bertahap. Diharapkan dengan adanya sistem ini hasil yang didapat menjadi lebih baik untuk sekolah dan bisa memaksimalkan kinerja petugas dalam melakukan pembayaran iuran siswa serta informasi yang didapat lebih efektif dan efesien.


Full Text:

PDF

References


. A.S., Rosa dan M. Shalahuddin., 2015, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

. Astriyani Erna, Meri Mayang Sari, dan Herman, 2020, Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web Menggunakkan Notifikasi Sms Gateway. Vol .6 No. 1, Februari 2020.

. Hidayatullah, dan Kawistara, 2015. Pemrograman Web. Bandung: Informatika.

. Krismaji, 2015, Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Keempat, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

. Yatmin, dan Erna Daniati, 2017, Sistem Informasi Pembayaran SPP Pada SMK Pawyatan Daha 3 Kediri. Vol. 1 No. 5, Januari 2017.

. Madcom. 2016. Pemrograman PHP dan MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: C.V Andi.

. Romney, dan Steinbart, 2015. Sistem Administrasi. Jakarta : Salemba Empat.

. Raharja STMIK, 2015, Implementasi Boostrap Pada Sistem Informasi Perpustakaan Untuk Meningkatkan Pelayanan Pada Mahassiswa Perguruan Tinggi Raharja, Konferensi Nasional Sistem&Informatika.

. Susanto Edo, 2018. Sistem Informasi Berbasis Web Di MTS Baituhrahman Beringin Taluk, Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, Dan Komputer. Vol 1, No.2 Desember 2018, Hal: 141 – 146.

. Zakir Ahmad. 2016, Rancang Bangun Responsive Web Layout Dengan Menggunakan Bootstrap Framework. Jurnal Info Tekjar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologijaringan), Vol.1, No.1 pp.7-10

. Zaki, A., & Sukoco, I. (2018). Use Of Design Thinking At Digital Tecnology Consultant Company Indie Labtek . Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Rukmana, Hasdiana Hasdiana, Tantri Hidayati Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License