PELAYANAN JASA KEAGENAN DALAM MENANGANI KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL PADA PT. SEA ASIH LINES KUALA TANJUNG

Yusnidah Yusnidah, Hotmaria Lenawati Br. Situmorang

Abstract


Pelayanan Jasa Keagenan Dalam Menangani Kedatangan Dan Keberangkatan Kapal Pada PT. Sea Asih Lines Kuala Tanjung adalah bidang usaha Perusahaan Pelayaran Keagenan  yang bertujuan untuk melayani kebutuhan kapal dan crew pada saat sandar di dermaga hingga berangkat. PT. Sea Asih Lines Kuala Tanjung mengageni semua jenis kapal, seperti Contanier vessel, Motor Tanker, Tug Boat and Barges, Bulk Carrier. Peranan penting agen operasional sangat berpengaruh dalam kelancaran suatu kapal pada saat sandar, bongkar/ muat, dan berlayar. Persiapan pemberitahuan serta pengurusan izin kedatangan dan keberangkatan merupakan tugas utama oleh keagenan sebelum kapal tiba dan sebelum kapal berangkat yang dikenal dengan istilah Clearance in and Clearance out. Hubungan yang baik antar manajemen perusahaan, agen, principal, dan instansi – instansi terkait harus dijalin demi kelancaran agen operasional dilapangan dalam melaksanakan tugasnya. Proses Clearance in and Clearance out sebuah kapal harus didukung dengan surat pemberitahuan kedatangan dan keberangkatan kapal, dokumen utama dan dokumen pendukung lainnya untuk mempermudah pengurusan izin masuk dan keluar kapal ke Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP ) Kuala Tanjung. Pelayanan jasa keagenan adalah salah satu peranan penting dalam kelancaran kegiatan kapal di pelabuhan. Kegiatan keagenan di lapangan harus lebih ditingkatkan untuk menjadi agen yang lebih profesional di masa yang akan datang dan dapat bersaing dengan keagenan lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat melalui observasi di lapangan dan wawancara secara langsung kepada agen operasional PT. Sea Asih Lines Kuala Tanjung selama penulis melakukan Praktek Darat dan data sekunder yang diperoleh dari buku – buku yang ada di perpustakaan maupun sumber bacaan lainnya yang berkenaan dengan pokok bahasan yang diambil.


Full Text:

PDF

References


Gentari, Ratu Erlina dan Sunaryo, Deni, 2019, Bisnis dan Transaksi Internasional. Pasuruan, Jawa Timur, Qiara Media.

Lingga, 2019, Kamus Pelayaran & Perkapalan. Depok : Permata Press.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 65 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Keagenan Kapal Bab 1 Pasal Ayat 1

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 154 Tahun 2015 Tentang Pelayanan Surat Persetujuan Syahbandar Secara online.

Undang – undang Republik Indonesia No. 17 Pasal 1 Ayat 7 & Tentang Pelayaran, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusnidah Yusnidah, Hotmaria Lenawati Br. Situmorang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License