IMPLEMENTASI SINGLE SIGN ON PADA WEB MENGGUNAKAN PROTOCOL OAUTH FACEBOOK

Marina Elsera

Abstract


Di era teknologi ini, teknologi single sign on adalah teknologi yang diminati, terutama di jaringan yang sangat besar dan heterogen (dalam sistem operasi saat ini dan aplikasi yang digunakan oleh komputer berasal dari banyak vendor diminta untuk mengisi informasi itu sendiri ke setiap platform yang berbeda untuk diakses oleh pengguna). Dengan menggunakan SSO, pengguna hanya cukup berusaha untuk otentikasi hanya sekali untuk mendapatkan izin, akses ke semua layanan yang terdapat dalam jaringan. Dengan menggunakan protokol OAuth, pengguna dapat mengotorisasi klien untuk mengakses data yang dilindungi sudah berada di server dengan memberikan token tanpa mengajukan username dan password. OAuth memungkinkan pengguna untuk memberikan akses ke situs pihak ketiga untuk mengakses informasi yang tersimpan pada penyedia layanan lain tanpa harus membagi hak akses atau semua data mereka. Single Sign On sistem dengan protokol OAuth digunakan adalah teknologi otentikasi dengan kode tanda bukan username dan password. Penelitian ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk mengotentikasi website dengan menggunakan penyedia account yang mendukung protokol OAuth, sehingga efek positif pada perdagangan.


Full Text:

PDF

References


. Ahmadi dan Hermawan. 2013. E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

. Aminudin. 2014. Implementasi Single Sign On (SSO) Untuk Mendukung Interaktivitas Aplikasi E-Commerce Menggunakan Protocol Oauth. Jurnal Gamma. Vol.10, No.1.

. Edy Winarno, Ali Zaki, SmithDev. 2014. Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, dan JavaScript. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

. Gilang Ramadhan, 2014, Analisis Teknologi Single Sign On (Sso) Dengan Penerapan Central Authentication Service (Cas) Pada Universitas Bina Darma, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilu Koputer Universitas Bina Darma Palembang.

. Hidayatullah, Priyanto & Jauhari Khairul Kawistara. 2014. Pemrograman Web. Bandung: Informatika.

. Indra Kusuma, Ajib Susanto, Ibnu Utomo Wahyu Mulyono, 2019, Implementasi Restful Web Services Dengan Otorisasi Oauth 2.0 Pada Sistem Pembayaran Parkir , Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro Semarang

. Prasetyo Dwi Firman, 2014. “Analisa dan implementasi seo (search engine optimization) konten website untuk algoritmagoogle panda dan yahoo”. Jurusan Teknik Informatika STMIK Amikom Yogyakarta.

. Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. 2014, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

. Raharjo, Budi dkk. 2014. Modul Pemrograman Web HTML, PHP, dan MySQL. Bandung: Modula.

. Riyanto, Slamet, 2014. Kupas Tuntas Web Responsif. Jakarta. Penerbit : PT Elex Media Komputindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License