EVALUASI JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR MINUM DENGAN MENGGUNAKAN EPANET 2.0 DI KECAMATAN GIRSANG SIPANGAN BOLON KABUPATEN SIMALUNGUN

Kartika Indah Sari

Abstract


Kebutuhan air minum perlu diketahui merupakan salah satu syarat penting yang diperlukan dalam perencanaan jaringan distribusi air minum. Dengan menganalisa kebutuhan air minum untuk daerah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun bertujuan untuk mendapatkan nilai proyeksi kebutuhan air minum untuk penduduk di kecamatan tersebut. Komponen pendukung dalam ketersediaan air yang perlu diketahui yaitu debit sumber air yang akan dialirkan untuk melayani kebutuhan air minum, jumlah penduduk yang harus terlayani, dan besarnya nilai kebutuhan air yang diperkirakan berdasarkan nilai proyeksi jumlah penduduk sampai pada tahun perencanaan. Dengan debit aliran air yang akan dialirkan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan sebesar  40 ltr/dtk atau setara 0,04 m3/dtk berdasarkan data dari pihak perencana. Dan jumlah penduduk yang diproyeksikan dari hasil perhitungan pada tahun 2025 berjumlah 6345 jiwa dengan  nilai kebutuhan air sebesar 15,86 ltr/dtk setara dengan 0,015 m3/det. Hal ini menunjukan bahwa ketersediaan sumber air masih mampu memenuhi kebutuhan air di kecamatan tersebut sampai pada tahun 2025. Dan dari hasil analisa yang dilakukan menggunakan program EPANET 2.0 terdapat perbedaan nilai tekanan air yang cukup signifikan pada setiap sambungan pipa, ini menunjukan kondisi topografi didaerah pelayanan merupakan  daerah perbukitan.


Full Text:

PDF

References


. Fathurrohman, Alhmad Aziz, 2012, Mempelajari Kehilangan Head pada Pipa Distribusi Jaringan Suplai Air Bersih PDAM Tirta Pakuan. Skripsi Institut Teknologi Bandung.

. Agustina, Dian Vitta, 2007, Analisa Kinerja Sistem Distribusi Air Bersih PDAM Kecamatan Banyumanik Di Perumnas Banyumanik (Studi Kasus Perumnas Banyumanik Kel. Srondol Wetan). Tesis. Universitas Diponegoro.

. Christianto, Harry, 2017, Perancangan Sistem Distribusi Air Bersih di Gedung Kuliah dan Laboratorium Jurusan Teknik Mesin. Skripsi Universitas Lampung.

. Ardiansyah., Pitojo Tri Juwono., M Janu Iswoyo, 2012, Analisa Kinerja Sistem Distribusi Air Bersih pada PDAM di Kota Ternate. Jurnal teknik Pengairan. 2(3): 211-220.

. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Simalungun tahun 2019

. Dasir, Fandy Rayyan, 2014, Alternatif Pengembangan Sistem Penyediaan Air Bersih untuk Zona Pelayanan IPA Sea Kota Manado. Jurnal Sipil Statik. 2(2). 107-114


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License