ANALISA PERSEDIAAN PRODUK FURNITURE DAN AKSESORISE DENGAN MENGGUNAKAN METODE ABC DI PT. HOME CENTER

Wirda Novarika, Luthfi Parinduri, Dhiva Darvito

Abstract


Dengan kondisi persaingan yang semakin tinggi antar perusahaan, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sangat berpengaruh pada perkembangan perusahaan terutama di sektor industri, perusahaan dituntut untuk terus melakukan perbaikan terutama pada kualitas produksi, sehingga dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional. Setiap perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur memerlukan bahan baku yang menunjang jalannya proses produksi perusahaan yang bersangkutan, sehingga pengendalian persediaan menjadi hal yang cukup penting. Oleh karena itu diperlukan penanganan yang baik pada persediaan bahan baku. Melalui analisis data biaya dan pola konsumsi sumber daya, manajemen dapat mulai merekayasa kembali proses manufakturing untuk mencapai pola keluaran mutu yang lebih efisien dan lebih tinggi. Berdasarkan hasil analisis ABC dapat diidentifikasi klasifikasi persediaan Aksesorise. Kelas A memiliki nilai volume tahunan rupiah sebesar 47,61% dari total persediaan, yang terdiri dari 2 item (20%) persediaan. Kelas B memiliki nilai volume tahunan rupiah sebesar 37,28% dari total persediaan, yang terdiri dari 3 item (30%) persediaan yaitu : Lampu Gantung, Sprei, Gorden. Kelas C memiliki nilai volume tahunan rupiah sebesar 15,10% dari total persediaan, yang terdiri dari 5 item (50%) persediaan yaitu : Bunga Artifisial, Keset, Vas, Bingkai foto, Jam dinding.

Full Text:

PDF

References


. Assauri, Sofjan, 2004, Manajemen Produksi dan Operasi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

. Fandy, Tjiptono, 2000, Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Penerbit Andi Yogyakarta

. Gloria Stefanie Rotikan, 2013, Penerapan Metode Activity Based Costing Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Pt. Tropica Cocoprima. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi. Universitas Sam Ratulangi Manado, diakses pada tanggal 29 Januari 2020. Melalui

https://media.neliti.com/media/publications/1722-ID-penerapan-metode- activity- based-costing-dalam-penentuan-harga-pokok-produksi-pad.pdf

. Heizer, Jay., Barry Render, 2001, Operation Management 9th Edition”. USA. Pearson.

. Heizer, Jay & Render, Barry, 2015, Operations Management-Manajemen Operasi. Edisi 11. Jakarta, Salemba Empat.

. Kotler dan Amstrong. 2001. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta: PT. Indeks

. Martusa, Riki., Adie, Agnes. 2011, Peranan Activity-Based Costing System Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Kain Yang Sebenarnya Untuk Penetapan Harga Jual. Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi No 04 Tahun ke 2 Januari-April. Universitas Kristen Maranatha. Bandung.

. Nasution, Arman Hakim, 2003. Perencanaan dan Pengendalian Produksi Edisi Pertama Cetakan Ke-dua. Surabaya: Guna Widya.

. Pawitan Gandhi, 2008, Aplikasi Analisis Pareto Dalam Pengendalian Inventori Bahan Baku Pada Bisnis Restoran. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 4 No. 1. FISIP. UNPAR.

. Sumayang, 2003, Dasar-Dasar Manajemen Produksi & Operasi. Manajemen Industri. Jakarta

. Tampubolon, 2004, Manajemen Operasional. Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.

. Yamit, Zulian, 2003, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia Yogyakarta.

. Zulfikarijzan, 2005, Manajemen Persediaan, UMM PRESS, Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License