MANFAAT PERLUNYA MANAJEMEN PERAWATAN UNTUK BENGKEL MAUPUN INDUSTRI

Muslih Nasution, Ahmad Bakhori, Wirda Novarika

Abstract


Manajemen Perawatan (Maintenance Management) adalah pengelolaan pekerjaan perawatan dengan melalui suatu proses perencanaan, pengorganisasian serta pengendalian operasi perawatan untuk memberikan performasi mengenai fasilitas industri. Gagasan yang muncul mengenai pokok-pokok pikiran dalam perencanaannya, Pada  industri   maupun bengkel-bengkel otomotif dilakukan dengan metode dan prinsip jika ada mesin/peralatan yang sudah rusak, perawatan dilakukan sesegera mungkin. Hingga akhirnya para insinyur pemeliharaan tidak punya waktu untuk memberikan ide-ide yang baik bagi pengembangan mendasar dalam usaha untuk meminimalkan kerusakan tersebut karena mereka semua sibuk dengan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat rutin seperti  pekerjaan pekerjaan perbaikan perbaikan lainnya (repair work). Konsep dasar  pemeliharaan adalah menjaga atau memperbaiki mesin atau pabrik hingga kalau boleh dapat kembali ke keadaan aslinya dengan waktu yang relative singkat dan biaya yang murah. Tujuan pemakaian metode ini adalah untuk mendapatkan penghematan waktu dan biaya  perbaikan yang dilakukan  pada keadaan yang  benar-benar perlu. Pada pemeliharaan sistim ini pekerja-pekerja pemeliharaan hanya akan bekerja setelah terjadi kerusakan pada mesin atau pabrik


Full Text:

PDF

References


. Assauri, Sofyan, 2008, Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

. Harsanto, Budi, 2013, Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Bandung: UNPAD.

. Heizer, Jay dan Render, Barry, 2011, Manajemen Operasi Buku Kedua. Jakarta: Salemba Empat, 2004, Manajemen Operasional Jakarta: Ghalia Indonesia.

. Kurniawan, Fajar, 2013, Manajemen Perawatan Industri: Teknik dan Aplikasi Implementasi Total Productive Maintenance (TPM), Preventive Maintenance dan Reability Centered Maintenance (RCM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Sehrawat, M.S dan Narang, J.S., 2001, Production Management, Nai Sarak: Dhanpahat RAI Co.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License