APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ANIMASI MENGGUNAKAN METODE CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA

Ramli Ramli, Liza Fitriana, Budi Budi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk merancang aplikasimultimedia pembelajaran berbasis game animasi untuk mata pelajaran fisika khususnya materi Kinematika Gerak Lurus pada siswamengenah atas dengan metode CAI. Dalam bidang pengajaran berbasis komputer memungkinkanuntuk terselenggaranya proses belajar mengajar yang menarik serta membuat siswa/i tidak merasa cepat bosan. Namun pengajar dalam hal ini guru yang menguasai materi pelajaransebagian besar tidak mampu menghadirkan bentuk pembelajaran menarik yang dikemas menggunakan komputer,sedangkan ahli komputer yang mampu merealisasikannya  biasanya tidak menguasai materi pelajaran, hal ini menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini.Tujuan perancangan aplikasi ini adalah membantu pengajar menyampaikan materi pelajaran yang dikuasainyadengan menarik serta membuat siswa/i lebih mudah memahami materi yang di ajarkan. Perancangan aplikasi ini juga bermanfaat bagi siswa untuk berkeinginan belajar secara mandiri, dengan adanya media game yang digunakan dapat mempermudah siswa memahami  materi khususnya Kinematika Gerak Lurus. Metode penelitian yang dilakukan antara lain, pengumpulan data, analisis sistem, perancangan disain, implementasi sistem dan pengujian sistem.Sebagai kesimpulan dari hasil perancangan aplikasi ini adalah dihasilkannyaperangkat lunak multimedia pembelajaran sangat membantu dalam mengembangkan pembelajaran fisika khusunya pada materi Kinematika Gerak Lurus, sehingga pembelajaran dapat meningkatkan semangat mengajar dan belajar-antara guru dan siswa, dengan adanya game dalam pembelajaran ini tidak membuat siswa/i merasa cepat bosan dalam belajar, dan materi yang disampaikan lebih mudah untuk di pahami.

APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS

GAME ANIMASI MENGGUNAKAN METODE

CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION)

UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA


Keywords


Teknologi; Dunia Pendidikan; Metode CAI; Multimedia

Full Text:

PDF

References


. Arif Harjanto, 2012, Rancang Bangun Computer Assisted Instruction (CAI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas”, Tesis, Program Studi Magister Sistem Informasi, Univ. Diponegoro, Semarang.

. Bambang Karyadi, Yanuardi & Sigit Wibowo, 2020, ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) dan Ekspositori serta Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Keahlian Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI”, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 9, No.1.

. Joko Kuswanto & Ferri Radiansah, 2018, Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem perasi Jaringan Kelas XI, Jurnal Media Infotama Vol. 14 No.1.

. Munir. 2012, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan, Alfa Beta, Bandung.

. Perdana Putra, Husni Mubarok & Andi Nur Rachman, 2020, Aplikasi Multimedia Berbasis Game Edukasi Menggunakan Construct 2 Untuk Pengenalan Tempat Wisata Budaya Jawa Barat Pada Anak Usia Dini, Jurnal Scientific Articles of Informatics Students, Vol 3 No.1.

. Umar, 2014, Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran, Jurnal Tarbawiyah. Vol 11 No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ramli Ramli, Liza Fitriana, Budi Budi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License