SISTEM KENDALI PEMBERIAN PAKAN IKAN LELE MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM BERBASIS ARDUINO UNO PADA UD. LELE BERKAH

Muhammad Mahbub, Liza Fitriana

Abstract


Kemajuan teknologi di bidang elektronikadalam kurun waktu beberapa waktu terakhir ini sangat berkembang sangat pesat sehingga dapat membantu pekerjaan yang dilakukan manusia menjadi lebih efisien. Berkaitan dengan penggunaan teknologi di atas, dibuat suatu sistem kendali untuk pemberian pakan ikan lele di UD. Lele Berkah dengan tujuan agar pemberian pakan dapat dilakukan dengan cepat dan dapat dikendalikan dari jarak jauh.Sistem ini menggunakan aplikasi Telegram yang ditanamkan pada gawai Android dan disambungkan pada perangkat yang berbasis Arduino Uno. Aplikasi Telegram ini memberi perintah kepada mikrokontroler Arduino Uno, lalu mikrokontroller tersebut akan menjalankan perintah tersebut.


Keywords


Android; Arduino Uno; Mikrokontroller; Telegram; Fish Pellet

Full Text:

PDF

References


Cokrojoyo, Anggiat dkk. 2017. Pembuatan Bottelegram Untuk Mengambil Informasi dan Jadwal Film Menggunakan PHP. Jurnal Infra. Vol. 5 No. 1

Febriansyah, Irvan. 2010. Simulasi Lampu Gedung Terkontrol Melalui Intranet. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah. Jakarta

Ganggalia, Nurul Isna dkk. 2019. Prototype Alat Pengendali Lampu dengan Perintah Suara Menggunakan Arduino Uno Berbasis Web. Jurnal Resti. Vol.3 No.3 Hal. 389-394.

Giant,R.F. dkk. 2015. Perancangan Aplikasi Pemantau Dan Pengendali Perangkat Elektronik Pada Ruangan Berbasis Web. Transmisi.17,(2), e-ISSN2407-6422.

Harrifurzumar. 2018. Perancangan dan Implementasi Alat Pemberian Pakan Ikan Lele Otomatis PadaFase Pendederan Berbasis Arduino dan Aplikasi Blynk. Skripsi. Universitas Bangka Belitung.

Ibrahim, Akip Maulana dan Setiyadi, Didik. 2021. Prototype Pengendalian Lampu dan AC Jarak Jauh dengan Jaringan Internet menggunakan Apli-kasi Telegram berbasis NODEMCU ESP8266. Infotech: Journal of Technology Information. Vol. 7 No. 1pp. 27–34.

Ikhsan dan Kurniawan, Hendra. 2015. Implementasi Sistem Kendali Cahaya dan Sirkulasi Udara Ruangan dengan Memanfaatkan PCdan Mikrokontroler Atmega 8. Jurnal Teknoif Teknik Informatika.Vol.3 No.1.

Jogiyanto,HM. 2001. Sistem Teknologi Informasi. Penerbit Andi.Yogyakarta.

Satria, Dedi dkk. 2017. Rancang Bangun Sistem Penjadwalan Bel Sekolah BerbasisArduino Uno dengan Antarmuka Berbasis Web Mengguna-kan Ethernet Web Server. Jurnal Serambi Eengineering.Vol. IINo.3 Hal.141–147.

Satya,Ellian Adhi dkk. 2016. Pengontrolan Lampu Melalui Internet Menggunakan Mikrokontroller Ardui-no Berbasis Android. Trasient: Jurnal Ilmiah Teknik Eletro, Vol.5 No.3 Hal. 358-367.

Setiawan, 2011. Metodologi dan Aplikasi. Mitra Cendekia Press.Yogyakarta.

Syahminan. 2018. Prototype Pengering Biji Jagung Berbasis Mikrokontroler. Jurnal STIKI Informatika.Vol.8 No.1

Yusda, Riki Andri. 2020. Rancang Bangun Sistem Penjernih Air Otomatis Pada Aquarium Berbasis Arduino. Journal of Science and Social Research. Vol. III No. 1 pp. 13–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Mahbub, Liza Fitriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License