ANALISA KEKUATAN MATERIAL BAHAN CARBON STEEL AISI 1018 DAN BAJA TULANGAN POLOS SNI P40 SEBAGAI ANGKUR PADA TOWER DENGAN METODE UJI TARIK

MHD Pathur Rahman, Fadly A. Kurniawan

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan ini memicu peningkatan pembangunan menara pemancar (tower) yang merupakan perangkat penting dalam teknologi komunikasi dan informasi. Sebagai konsekuensi dari perkembangan ini maka harus diiringi dengan bertambahnya jumlah kontruksi menara di daerah pemukiman dan perkotaan yang dapat berakibat buruk apabila kontruksi menara (tower) tidak memiliki sambungan yang baik antar tanah dan besi menara. Setiap pembangunan menara di perlukan sambungan (angkur) yang sangat kuat. Salah satu faktor yang mempengaruhi kuat sambungan pada angkur adalah material bahan angkur, sehingga pemilihan material bahan sambungan angkur yang baik sangatlah penting. Analisa kekuatan material pada angkur ini dilakukan dengan cara membandingkan kekuatan dari material bahan Carbon Steel dan Baja Tulangan Polos (BJTP) dengan standart ukuran yang sama yaitu JIS Z 2201 dengan metode pengujian tarik (Tensile Test). Untuk mengindentifikasi sifat mekanis bahan dan peniliaian pada metode pengujian tarik (Tensile Test) ini yaitu dengan menggunakan Universal Testing Machine Type MR 5, 10, 20CT. Dari hasil pengujian diperoleh data yaitu luas penampang awal, luas penampang setelah pengujian, tegangan elastis , tegangan maksimal, tegangan putus, persentase regangan dan persentase lebar penampang. Tujuan akhir penelitian ini adalah, untuk mengetahui nilai tegangan, regangan dan modulus elastisitas pada material bahan Carbon Steel dan BJTP.


Keywords


Angkur tower; Analisa material; Uji Tarik

Full Text:

PDF

References


Callister, William D,dkk. 1994. Material science and engineering (an introduction).

Chuzella. 2017. Fungsi Angkur Baja. https://www.scribd.com/document /366183325/Fungsi-Angkur-Baja (Diakses tanggal 22 Juli 2019)

E Fadila, Sheilla. 2014. Analisa Desain Struktur Dan Pondasi Menara Pemancar Tipe “Self Supporting Tower” Di Kota Palembang. https://docplayer.info/29979176-Analisa-desain-struktur-dan-pondasi-menara-pemancar-tipe-self-supporting-tower-di-kota-palembang.html (Diakses tanggal 22 Juli 2019)

Larry, D. Mitchell, 1983. Perencanaan Teknik Mesin, Edisi Keempat, Jilid 1, Professor of Mechanical Engineering, Virginia Polytechnic Institute and State University.

Mardjono Siswosuwarno, November 1988. Material Teknik, Sifat, Penggunaan dan Masalah Pengerjaan, Tim Pelaksanaan Proyek Kerjasama PLN-ITB.

McGraw-Hill, Inc. 1983. Mechanical Engineering Desig, Fourth Edition.

Joseph, Edward Shigley, 1983. Perencanaan Teknik Mesin, Edisi Keempat, Jilid 1, ProfessorEmiritus, The University of Michigan.

Wikipedia. Uji Tarik, (Online).

(https://id.wikipedia.org/wiki/Kekuatan_tarik (Diakses tanggal 20 Juli 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License