PEMANFAATAN MICROCONTROLER AT89C51 UNTUK MEMPERBAIKI FAKTOR DAYA PADA SISTEM TENAGA LISTRIK

Armansyah Armansyah, Yusmartato Yusmartato, Ramayulis Nasution

Abstract


Perancangan perangkat lunak bertujuan menciptakan perangkat lunak (software) perbaikan faktor daya (cos j) Pada sistem tenaga listrik multimachine dengan  menerapkan mikrokontroler Atmel AT89C51 yang mampu  memilih kapasitor secara otomatis. Perangkat lunak dikembangkan menggunakan bahasa assembler. Perancangan perangkat lunak  meliputi : Perancangan alamat memori, Perancangan alamat input/output, Perancangan fungsi masing-masing port I/O, perencanaan hubungan sensor, Percobaan Modul, dan Penerapan prototype. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dan data arus dan tegangan yang masuk ke beban induktif  melalui rangkaian sensor tegangan dan arus untuk mendapatkan data beda fase dari beban induktif. Analisis data dilakukan dengan mengaplikasikan mikrokontroler AT89C51 sebagai pengendali kapasitor otomatis yang diprogram dengan bahasa Assembler guna menurunkan faktor daya beban induktif, serta mengolah data, sekaligus pengujian terhadap modul-modul perbaikan faktor daya  Target yang dicapai adalah faktor daya 0,8


Full Text:

PDF

References


Design Prasmasti Y, Rachmat Mulyadi, 2000, Pendekatan Nilai Induktansi dan apasitansi Pada Konverter AS-AS Topologi Boost Dengan Fungsi Eksponensial, Proccending Seminar Elektrik dan Elektronika Daya, Yogyakarta, UGM.

Herman Widodo S., 1994, Penguat Operasional dan Rangkaian Terpadu Linier, Erlangga, Jakarta.

R.Sumarno,dkk, 2000, Mempebaiki Power Faktor Dengan Mikrokontroler 80C31, Proceeding Seminar Elektrik dan Elektronika Daya, Fakultas Teknik UGM Yogjakarta.

Supriyanto , 2006, Pembuatan Rangkaian Dimmer Daya Tinggi Untuk Pengaturan Tegangan Motor Induksi berbasis mikrokontroler AT89C51, HEADS JICA, laporan penelitian , Unimed, Medan

Noel M. Morris, 1988, Aplikasi Listrik dan Elektronika, PT Elex Media Komputindo.

Mohd. Izhar Abu Bakar, Che Mat Hadzer Mahhmud, 2000, High Sensitivity Component Identification In The Switched-Capasitor Design, Proccending Seminar Elektrik dan Elektronika Daya, Yogyakarta, UGM.

Stevenson, William D., 1982, Element of Power System Analiysis, , International , 4th, Mc Graw-Hill.

Zuhal, 1991, Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya, PT Gramedia Indonesia, Jakarta,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Armansyah Armansyah, Yusmartato Yusmartato, Ramayulis Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License