PENGARUH PEMINDAHAN U-TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA RUAS JALAN A.H NASUTION KOTA MEDAN

Erwinsyah Siregar, Marwan Lubis, Hamidun Batubara

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja U-turn serta tingkat pelayanan jalan yang dilengkapi dengan fasilitas U-Turn, menganalisawaktu tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn, kecepatan kendaraansaat melakukan U-Turn dan panjang antrian yang melakukan aktifitas U-Turn.Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan metode PKJI 2014Jaringan jalan/lintasan merupakan prasarana transportasi darat yang memegang prasarana sangat penting dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Dengan kata lain, jaringan jalan adalah suatu konsep matematis yang dapat digunakan untuk menerangkan secara Kuantitatif system transportasi yang mempunyai karakteristik ruang. Terdapat beberapa usaha untuk meminimalisir permasalahanpergerakan lalu lintas, khususnya terhadap keamanan dan kenyamanan pada ruas jalan dapat dilakukan dengan memasang median untuk memisahkan arus lalu lintas yang berlawanan arah. Dalam perencanaan median, perlu disiapkan bukaanmedian yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakanputar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan U-Turn. Salah satu pengaruhketika melakukan U-Turn yaitu terhadap kecepatan kendaraan dimana kendaraanakan melambat dan berhenti. Perlambatan ini akan mempengaruhi arus lalu lintaspada arah yang sama, pergerakan memutar arah ini akan menyebabkan tingginyavolume lalu lintas, kecepatan kendaraan semakin rendah, dan kepadatan semakintinggi di ruas jalan..


Keywords


U-Turn; Kecepatan; Jalan; Memutar Arah; Lalu Lintas

Full Text:

PDF

References


. Agah, S.1994. Dasar–Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya, Nova, Jakarta

. Heddy, R. Agah. 2007, Perhitungan Tundaan pasa Fasilitas putaran balik arah (U-Turn) Di Jakarta.

. Hashem Al-Masheid. 1999, Memodelkan Tundaan pada Fasilitas U - Turn

. Hobbs, F.D. 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Edisi Kedua, Gadjah Mada University Press

. Khiaty, C.J. dan Lall, B.K 2006, Dasar – dasar Rekayasa Transportasi Jilid 1, Erlangga. Jakarta

. Khiaty, C.J. dan Lall, B.K 2006, Dasar – dasar Rekayasa Transportasi Jilid 2, Erlangga. Jakarta

. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License