PENGARUH JUMLAH VARIASI SUDU TERHADAP DAYA OUTPUT YANG DIHASILKAN TURBIN PELTON PADA PLTMH

Suhardi Napid, Muslih Nasution, Rizky Maulana Sibarani

Abstract


Turbin air merupakan penggerak yang mengubah energi kinetik dan aliran fluida dengan kecepatan tinggi menjadi energi mekanik berupa putaran roda turbin. Dalam hal tersebut air memiliki energi potensial. Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro yang memanfaatkan tenaga (PLTMH) adalah pembangkit listrik berskala kecil yang memanfaatkan tenaga aliran air sebagai sumber penghasil energi. PLTMH termasuk sumber energi terbarukan dan layak disebut clean energy karena ramah lingkungan.Tujuan penelitian ini adalah unuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari jumlah variasi sudu yang digunakan pada turbin pelton. Pada variasi sudu 12 Rpm yang didapat yaitu 1015 Rpm dan daya output t yang dihasilkan 1.8 watt. Pada variasi 14 sudu Rpm yang didapat 1085 dan output yang dihasilkan 4.02 watt. Pada variasi 16 sudu Rpm yang didapat 1078 dan output yang dihasilkan 2.52 watt. Pada turbin pelton jumlah sudu yang digunakan mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap daya output yang dihasilkan oleh sebuah turbin, maka dari itu sangat penting untuk memilih berapa jumlah sudu yang akan digunakan dalam merancang sebuah turbin.


Keywords


Turbin Pelton; Variasi Sudu; PLTMH; Energi

Full Text:

PDF

References


. Ade, Frans Putra Tampubolon dan Tekad Sitepu. 2014. Uji Performansi TurbinPelton Dengan 26 Sudu Pada Head 5,21 Meter Dengan Menggunakan Satu Buah Nosel Dan Analisa Perbandingan Menggunakan Variasi Bentuk Sudu. Jurnal e-Dinamis, Volume.8, No.4 Maret 2014 ISSN 2338-1035. Universitas Sumatera Utara.

. Dwiyanto, Very. 2016. Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Studi Kasus Sungai Air Kanal (Hulu Sungai Way Besay). Bandar Lampung :UniversitasLampung.

. Hery Irawan, Syamsuri, Rahmad Q. Analisis Performasi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air Jenis Turbin Pelton Dengan Variasi Bukaan Katup dan Beban Lampu Menggunakan Inverter. Instiut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

. Rendi Yulianto, Karnowo. 2018. Analisis Pengaruh Variasi jumlah Sudu dan Sudut Serang Terhadap Kinerja Turbin air Darrieus”. Uiversitas Negri Semarang.

. Sihite, Ricky Wahyu. 2019, Pengaruh Jumlah Sudu Turbin Terhadap Daya Output Pembangkit Listrik Skala Mikrohidro Pada Aliran Irigasi Desa Timbang Jaya Kecamatan Bahorok. Skripsi, Medan : Institut Teknologi Medan.

. Supratmanto, Dwi. 2016. Kajian Eksperimental Pengaruh Jumlah Sudu Terhadap Unjuk Kerja Turbin Helik Untuk Model Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suhardi Napid, Muslih Nasution, Rizky Maulana Sibarani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License