PENENTUAN TARIF PENGIRIMAN TANDAN BUAH SEGAR BERDASARKAN METODE PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DI CV. BIMA JAYA

Ricko Pranta, Bonar Harahap, Wirda Novarika AK

Abstract


Tarif adalah suatu daftar yang memuat harga – harga untuk para pemakai jasa angkutan yang disusun secara teratur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan tarif pengiriman tandan buah segar (tbs) berdasarkan metode perhitungan biaya operasional kendaraan (bok) pada CV Bima Jaya. Biaya operasional kendaraan adalah biaya total yang telah dibutuhkan untuk mengoperasikan kendaraan pada suatu kondisi lalu lintas dan jalan untuk satu jenis kendaraan perkilometer tempuh. Metode biaya operasional kendaraan dapat digunakan perusahaan untuk menghasilkan laba.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan rumus penentuan tarif dasar. Hasil yang diperoleh dari analisis data penelitian ini menghasilkan tarif pengiriman tandan buah segar (tbs) berdasarkan Metode Biaya Operasional Kendaraan (BOK) sebesar Rp.104/kg dengan tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Metode Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dapat digunakan sebagai tarif pengiriman tandan buah segar (tbs) pada CV Bima Jaya.


Keywords


Penentuan; Metode Biaya Operasional Kendaraan

Full Text:

PDF

References


. Frans, J. H. 2016. Kajian Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), ABILITY TO PAY (ATP), Dan Willingness DI KABUPATEN TTS. V(2), 185-198

. Lupiyoadi, Rambat. 2013,. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

. Mulyati, Erna 2014, Perencanaan Tarif ideal Pengiriman Barang Berdasarkan Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan(BOK)

. Ptpn, N., Dengan, I. I. I., & Ultra, C. V. (2020).Buah Segar ( TBS ) Antara Perusahaan Perkebunan Skripsi Fakultas Hukum.

. Salim, Abbas. 2013, Manajemen Transportasi. Raja Grafindo Persada (Rajawaliperss).

. Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. BandungAlfabeta,cv

. Wiratna, Sujarweni. 2015, Akuntansi Biaya Teori dan aplikasinya. Cetakan pertama. Yogyakarta: Pustaka BaruPerss.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ricko Pranta, Bonar Harahap, Wirda Novarika AK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License