ANALISA KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD DI PT. MEDAN JUTA RASA

Sukma Nugraha, Abdurrozzaq Hasibuan, Bonar Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil  kinerja perusahaan di PT. Medan Juta Rasa dengan mengukurnya menggunakan metode balance scorecard. Metode yang digunakan yaitu metode balance scorecard untuk mengukur kinerja perusahaan dengan 4 perspektif yaitu : perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dari hasil pengukuran yang dilakukan dapqat diketahui kinerja perusahaan dari segi keuangan yaitu ROI cukup baik karena mengalami kenaikkan sebesar 6% dari tahun 2019 sampai 2021. Dari perspektif pelanggan juga mengalami kenaikkan sebesar 2%. Pada perspektif proses bisnis internal dari segi inovasi produk mengalami kenaikkan sebesar 34%. Perspektif keempat yaitu pertumbuha dan pembelajaran dari segi kepuasan karyawan dan produktivitas karyawan sudah cukup baik, tetapi dari segi retensi karyawan, perusahaan perlu memperhatikan lagi. Dapat disimpulkan bahwa kinerja perusahaan PT. Medan Juta Rasa sudah cukup baikdiukur dengan menggunakan metode balance scorecard.


Keywords


Balance Scorecard; Kinerja; Keuangan; Perusahaan; Pengukuran

Full Text:

PDF

References


Alimudin, A., Falani, A. Z., Mudjanarko, S. W., & Limantara, A. D. 2019. Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 4(1), https://doi.org/10.30737/ekonika.v4i1.337

H Kara, O. A. M. A. 2014. No Title No Title No Title. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 7, Issue 2).

Haidiputri, T. A. N. 2019. Penggunaan Metode Balance Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Probolinggo. ttps://doi.org/10.33096/jmb.v6i2.221

Hamdalah, M. R., Muhammad, K., & Safitri, T. anis. 2021. Analisis Kinerja Perusahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.52436/1.jpti.6

Hidayat, R., & Issa Dyah Utami, dan. 2011. Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard. Performa, 10(2), 71–82.

Kamal Dalam Ningsih, 2021. 2008. Bab ii kajian teoritis 2.1. 9241(1999), 7–25.

Kesek, F. N., Sabijono, H., & Tirajoh, V. Z. 202). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Pt. Nenggapratama Internusantara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), .

Lufriansyah. 2020. Balance Scorecard dalam Mengukur Kinerja Perusahaan PT Pertamina (PERSERO). Jurnal Humaniora, 4(1), 98–105.

Moses L. Singgih, Renny Octavia, & Kristiana Asih Damayanti. 2001. Pengukuran Dan Analisa Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard di PT. “X.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sukma Nugraha, Abdurrozzaq Hasibuan, Bonar Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License