STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BISNIS MODEL CANVAS STUDI KASUS IKM TAHU SALJU DI NIAS SELATAN

Agung Arifman Vau, Wirda Novarika, Mahrani Arfah

Abstract


IKM Tahu Salju di kota Teluk Dalam dirintis sejak tahun 2016. IKM Tahu Salju memiliki peluang besar dan mulai berkembang, maka perlu dilakukan strategi pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi alternatif untuk merancang model bisnis yang baru menggunakan metode pendekatan Business Model Canvas.Penelitian ini menggunakan kombinasi pendekatan Business Model Canvas, matriks Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) untuk merumuskan strategi perbaikan dan pengembangan IKM Tahu Salju. Hasil penelitian berdasarkan matriks Internal Faktor Evaluation(IFE) dan Eskternal Faktor Evaluation (EFE) menghasilkan matriks Internal-Eksternal (IE) dapat dilihat bahwa posisi IKM Tahu Salju berada pada sel V. Jika suatu perusahaan berada pada sel III, V, VII dapat digambarkan bahwa perusahaan (guard dan maintain). Guard and Maintain strategy menunjukkan perusahaan membutuhkan strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. Dari hasil analisis SWOT pada IKM Tahu Salju memiliki nilaimatriksInternal Faktor Evaluation(IFE) 2,84 dan nilai matriks Eskternal Faktor Evaluation(EFE) 2,69. Kondisi Business Model Canvas pada IKM Tahu Salju terdiri dari, Customer Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resource, Key Activity, Key Partners, Cost Structure.


Keywords


Bisnis; Model Canvas; Factor Evaluation; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


. Abdillah, M. B., Hakim, R. M. A., Damiri, D. M., & Zahra, F. 2018. Analisis Strategi Bisnis Pada Umkm Kerajinan Bambu Di Kota Bandung. AdBispreneur, 2(3), 227.

. Afuah, A, 2003. Innovation Management: Strategies, Implementation, and Profits. Oxford University Press. New York.

. Alfarisi, A. 201). Perumusan Strategi Business Model Canvas (BMC) pada Perusahaan Sandal Toyosima Singosari. 1–14.

. Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

. Athia, I., Saraswati, E., &Normaladewi, A. 2018. Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 66–75.

. Chandra, D. 2016. Model bisnis pada perusahaan X menggunakan business model canvas. Agora, 4(1), 18–25.

. David, Fred. R. dan David, Forest. R. 2016. Manajemen Strategi: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta : Salemba Empat.

. Ermaya, S. K., & Darna, N., 2019. Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 207–210.

. Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. 2019. Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42.

. Ilham, P. 2013. Business Model Canvas ( Kanvas Model Bisnis ). Akselerasi.Id, 1–23.

. Imania, L. 2018. Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepercayaan Merek ( Brand Trust ) Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Berdasarkan hasil analisis perhitungan WarpPLS ( Studi Kasus pada Konsumen Larissa Aesthetic Center cabang Panjaitan , Semarang ). Administrasi Bisnis FISIP-Universitas Diponegoro, 2(1), 1–9.

. Jones, Daniel. 1960. An Outline Of English Phonetics. Cambride: Great Britain at the University Press.

. Kusbandono, D. 2019. Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis ( Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(2), 921.

. Linder J, Cantrell S. 2000. Changing Business Model: Surveying the Landscape [internal]. [diunduh pada 20 November 2013].

. Nugroho, P. A. (2020). Peran Akses E-Jurnal Internasional Untuk Para. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 10(1), 10–17.

. Osterwlder, A & Yves Pigneur. 2004, Business Model Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

. Pai, A. K., & Basu, S. 2006. Emerging legal challenges in offshore outsourcing of IT-enabled services. Outsourcing and Offshoring in the 21st Century: A Socio-Economic Perspective, 403–431.

. Permatasari, P. C., Basith, A., & Mulyati, H. 2017. Arabica Coffee Value Chain Inclusive Business Model in Bondowoso, East Java. Jurnal Manajemen Teknologi, 17(2), 111–125.

. PPM Manajemen. 2012. Business Model Canvas Penerapan di Indonesia. Penerbit PPM. Jakarta.

. Rangkuti F. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

. Storbacka, K., Frow, P., Nenonen, S., & Payne, A. 2012. Designing business models for value co-creation. Review of Marketing Research, 9 (September 2014), 51–78.

. Subakti. 2014. Definisi Model Bisnis. Perancangan Interior Pusat Mitigasi Di Jogja, 27(1989), 6–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agung Arifman Vau, Wirda Novarika, Mahrani Arfah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License