APLIKASI ABSENSI ONLINE CIVITAS AKADEMIK SMK SWASTA ABDI SEJATI KERASAAN I DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCHING

Yulia Armawati, Mhd. Zulfansyuri Siambaton, Heri Santoso

Abstract


Meningkatnya penggunaan teknologi dalam aktivitas sehari-hari telah mendorong berkembangnya berbagai aplikasi yang bertujuan untuk mempersingkat dan men otomatisasi proses tertentu. Salah satu aplikasi tersebut adalah sistem absensi online untuk institusi akademik. Skripsi ini mengusulkan pengembangan sistem absensi online yang memanfaatkan algoritma sequential searching untuk memudahkan proses pencatatan dan pengelolaan data absensi. Sistem yang diusulkan bertujuan untuk mengatasi masalah umum yang dihadapi dalam pencatatan kehadiran manual, seperti kesalahan dalam entri data dan catatan yang hilang. Dengan algoritma pencarian sekuensial, sistem dapat dengan cepat mencari dan mengambil data, membuat proses pencatatan kehadiran dan pengelolaan menjadi lebih efisien. Pengembangan sistem akan melibatkan penggunaan berbagai hal seperti Xampp, HTML, PHP, Basis data, MySQL dan SQL. Sistem yang diusulkan juga akan menampilkan antarmuka yang ramah pengguna untuk memastikan kemudahan penggunaan dan aksesibilitas bagi pengguna. Secara keseluruhan, sistem kehadiran online yang diusulkan menawarkan cara yang lebih efisien dan andal dalam mengelola data kehadiran, yang dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik dan proses kelembagaan pendidikan yang lebih baik.


Keywords


Aplikasi; Absensi Online; Algoritma; Sequential Searching

Full Text:

PDF

References


. Bekti, Bintu Humairah. 2015. Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: ANDI

. Binanto 2009. Program & Pemograman. Yogyakarta: Andi.

. C, Antonius Rachmat & M, Aditya Wikan. 2016, Konsep & Implementasi Pemrograman GUI. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

. Fadila, R., & Septiana, M., 2019, Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Finger Print Terhadap Disiplin Pegawai pada Markas Komando Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan Batam. Journal of Business Administration, 3(1), 53–63.

. Hardi Putro Pangestu, 2017, Perancangan Aplikasi Absensi Pegawai Berbasis Web

Menggunakan Bootstrap dan Library MPDF pada Framework CodeIgniter

(Studi Kasus: PT. Pura Barutama Unit Offset)," pp. 1 – 18.

. Jando, P. A. E., & Nani, 2018, Algoritma dan Pemograman Berbasis Java, CV. Andi, Yogyakarta.

. Marissa Utami dan Yovi Apridiansyah, 2019, Implementasi Algoritma Sequential Searching Pada Sistem Pelayanan Puskesmas Menggunakan Bootstrap (Studi Kasus Puskesmas Kampung Bali Bengkulu), JSAI, vol. 2, no. 1, pp. 81 – 86.

. Tarry Andini, 2019, 4 Keuntungan Menggunakan Absensi Online. Retrieved from https://www.weefer.co.id/2019/02/4-keuntungan-menggunakanabsensi-online/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yulia Armawati, Mhd. Zulfansyuri Siambaton, Heri Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License