ANALISIS JUMLAH PELAYAN OPTIMAL UNTUK MEMINIMISASI BIAYA

Tri Hernawati, Bonar Harahap, Rini Afriyanti

Abstract


Minimalisasi biaya merupakan  strategi yag dilakukkan individu atau badan usaha untuk meningkatkan keuntungan . Salah satu upaya  minimalisasi biaya adalah dengan meminimalisasi aktivitas yang menimbulkan biaya .Tulisan ini membahas tentang pemecahan masalah  yang dihadapi Bank X . Selama ini Bank tersebut memiliki jumlah petugas untuk melayani nasabah sebanyak 3 petugas. Dari pengamatan  selama ini dengan tiga orang petugas  , setiap harinya sering terjadi ada petugas yang menganggur , sehingga dilakukan penelitian berapa sebenarnya jumlah petugas yang optimal. Optimal diartikan bila seluruh pelanggan yang datang semuanya dilayani dengan waktu mengantri yang dapat ditoleransi. Toleransi waktu mengantri yang diharapkan tidak lebih dari 10 (sepuluh) menit Oleh karena itu perlu dilakukan  perhitungan yang tepat agar tidak terjadi kerugian . Berdsarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa jumlah petugas  yang optimal hanya sebanyak 2. Hasil analisis  menunjukkan bahwa dengan 3 petugas  akan sangat merugikan perusahaan karena juga harus mengeluarkan biaya penyedian fasilitas   yang tidak optimal pemakaiannya, dimana persentase petugas  mengganggur lebih besar. Jadi dengan 2 petugas  sudah cukup untuk melayani nasabah pada perusahaan sedangkan satu  petugas lagi sebaiknya dimutasikan  untuk mengerjakan tugas lain . Biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan 2 petugas dari jumlah sebelumnya sebanyak  tiga petugas adalah sebesar 27,83%.

 


Full Text:

PDF

References


Hiller ,Frederick S, Gerald J . Lieberman., 1994, Pengantar Riset Operasi, Erlangga, Jakarta.

Kakiay,ThomasJ., 2004, Dasar Teori Antria, Untuk Kehidupan nyata. Andi Offser.Jakarta

Pangestu Subagyo,.,M Asri , dan T.H. Handoko, 2000, Dasar-dasar Operation Research.,Edisi Kedua Revisi. Yogyakarta : BPFE.

Ravindran, A., Don T. Philips, dan James J.Solberg, 1981, Operation Research, Principle, Second Edition, Jhon Wiley & Sons, New York.

Sudjana , 2001. Metode Statistika. Edisi ke enam Tarsito Bandung

SiagianP., 1987, PenelitianOperasionalTeori dan Praktek,Univ. Indonesia Press, Jakarta.

Schroeder, Roger G., 1997, Operations Management. Mc. GrawHill,Inc. NewJersey

Sutalaksana, Anggawisastra, Tjakra Atmaja, 1980, Teknik Tata Cara Kerja, Edisi Pertama ITB, Bandung




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v14i1.796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Tri Hernawati, Bonar Harahap, Rini Afriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License