ANALISIS JUMLAH PELAYAN OPTIMAL UNTUK MEMINIMISASI BIAYA
Abstract
Minimalisasi biaya merupakan strategi yag dilakukkan individu atau badan usaha untuk meningkatkan keuntungan . Salah satu upaya minimalisasi biaya adalah dengan meminimalisasi aktivitas yang menimbulkan biaya .Tulisan ini membahas tentang pemecahan masalah yang dihadapi Bank X . Selama ini Bank tersebut memiliki jumlah petugas untuk melayani nasabah sebanyak 3 petugas. Dari pengamatan selama ini dengan tiga orang petugas , setiap harinya sering terjadi ada petugas yang menganggur , sehingga dilakukan penelitian berapa sebenarnya jumlah petugas yang optimal. Optimal diartikan bila seluruh pelanggan yang datang semuanya dilayani dengan waktu mengantri yang dapat ditoleransi. Toleransi waktu mengantri yang diharapkan tidak lebih dari 10 (sepuluh) menit Oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan yang tepat agar tidak terjadi kerugian . Berdsarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa jumlah petugas yang optimal hanya sebanyak 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan 3 petugas akan sangat merugikan perusahaan karena juga harus mengeluarkan biaya penyedian fasilitas yang tidak optimal pemakaiannya, dimana persentase petugas mengganggur lebih besar. Jadi dengan 2 petugas sudah cukup untuk melayani nasabah pada perusahaan sedangkan satu petugas lagi sebaiknya dimutasikan untuk mengerjakan tugas lain . Biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan 2 petugas dari jumlah sebelumnya sebanyak tiga petugas adalah sebesar 27,83%.
Full Text:
PDFReferences
Hiller ,Frederick S, Gerald J . Lieberman., 1994, Pengantar Riset Operasi, Erlangga, Jakarta.
Kakiay,ThomasJ., 2004, Dasar Teori Antria, Untuk Kehidupan nyata. Andi Offser.Jakarta
Pangestu Subagyo,.,M Asri , dan T.H. Handoko, 2000, Dasar-dasar Operation Research.,Edisi Kedua Revisi. Yogyakarta : BPFE.
Ravindran, A., Don T. Philips, dan James J.Solberg, 1981, Operation Research, Principle, Second Edition, Jhon Wiley & Sons, New York.
Sudjana , 2001. Metode Statistika. Edisi ke enam Tarsito Bandung
SiagianP., 1987, PenelitianOperasionalTeori dan Praktek,Univ. Indonesia Press, Jakarta.
Schroeder, Roger G., 1997, Operations Management. Mc. GrawHill,Inc. NewJersey
Sutalaksana, Anggawisastra, Tjakra Atmaja, 1980, Teknik Tata Cara Kerja, Edisi Pertama ITB, Bandung
DOI: https://doi.org/10.30743/but.v14i1.796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Tri Hernawati, Bonar Harahap, Rini Afriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Buletin Utama Teknik
Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id
Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License