PORTAL PUBLIKASI JURNAL KARYA ILMIAH PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FTK UNIVERSITAS HARAPAN BERBASIS WEB DENGAN METODE FAST (FRAMEWORK FOR THE APPLICATION OF SYSTEMS THINKING)

Marina Elsera

Abstract


Setiap perguruan tinggi atau universitas mengharuskan mahasiswa yang telah menyelesaikan seminar dan sidang untuk membuat jurnal ilmiah dan menguplodkannya ke google scholar agar dapat dibaca sebagai karya ilmiah.Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengupload jurnal untuk masing-masing perguruan tinggi dimana jurnal tersebut memiliki portal tersendiri. Sistem ini untuk mengupload jurnal-jurnal karya ilmiah mahasiswa dan dosen yang diperuntuhkan untuk perguruan tinggi yang memiliki portal web jurnal.Agar dapat memiliki portal publikasi jurnal ini diharapkan dapat digunakan untuk mempublikasikan jurnal karya ilmiah universitas harapan program studi sistem informasi yang di update berdasarkan tanggal, bulan dan tahun mahasiswa tersebut mengupload jurnal pada administasi web portal. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode FAST dilakukan secara berurutan yakni melalui tahapan investigasi atau survei awal, analisis masalah, analisis kebutuhan, analisis keputusan, pembuatan rancangan, mengkonstruksi. menerapkan system, mengoperasikan dan pemeliharaan sistem. Menghasilkan sistem e-jurnal berbasis web yang memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengupload jurnal karya ilmiah dan mahasiswa/i yang dapat mengakses melalui website.


Full Text:

PDF

References


Adelin, Fatmariani, 2013, Web Portal Jurnal Ilmiah Online Kopertis Wilayah II Palembang, seperti yang diamatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) No.20 Tahun 2003, Vol. 2 No. 2 Mei.

Achmad Syarif, 2013, Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website dengan Metode Framework For The Applications of System Thinking. Jurnal Teknik Industri, Vol.1, No.4, Desember.

Dani, Eko, 2014, Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ponoroji Kab. Pacitan, ISSN 2302-5700.

Kardiana, 2013, Pemanfaatan Teknologi Open Source Dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi, ISSN 2089-8673, Volume 1, Nomor 1, Maret.

Mufti Baihaqi, 2013, Perancangan dan Pembuatan E-Journal Menggunakan Open Journal System Di STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Teknomatika vol. 7, no. 2, januari 2015.

Ruslan, 2014, Aplikasi Pengolahan Data Karyawan dengan Pendekatan Microsoft Visual Basic, situs : http://jurnal.sigma.ac.id/? download=18:ruslan-2014-aplikasi-pengolahan-data-karyawan-dengan-pendekatan

Saiful Nur Arif, 2013, Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web SMK Swasta Brigjend Katamso Medan, situs: http://lppm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hpNJJurnal%2012-1-2013_4%20Ayu%20 %20Yes.pdf

Tuning Somara, 2013, Adobe Dreamweaer Cs4 Sistem Pembuatan Toko Online. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yeremia, 2013, Perancangan Sistem Informasi Berbasis Wesite Subsistem Guru di Sekolah Persatuan Islam 99 Rancabango, Vol. 9, No.40, ISSN 2302-7339.

Yosef, Koko, 2013, Implementasi Rest - Api Untuk Portal Akademik Ukdw Berbasis Android, Jurnal EKSIS Vol 06 No 02 November.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License