PENGARUH TIANG BRACING PADA STRUKTUR RUMAH TRADISIONAL NIAS SELATAN

Dian Taviana, Ronal H.T Simbolon

Abstract


Rumah tradisi yang ada di Indonesia dibangun dengan cara adat dan selalu beradaptasi dengan kondisi alam serta lingkungannya. Kondisi geografis yang berbeda menghasilkan rumah yang terbangun akan memiliki struktur konstruksi yang berbeda. Demikian halnya dengan rumah tradisional Nias Selatan, secara geografis Pulau Nias berada dekat dengan patahan gempa indo-australia dan eurasia. Terbukti dengan banyaknya tiang bracing pada rumah tradisional Nias Selatan, adalah hasil karya dari pengalaman masyarakatnya dalam  menghadapi bencana gempa.Tujuan penelitian untuk melakukan pengkajian struktur bawah rumah tradisional  Nias Selatan, dengan mengidentifikasi pengaruh tiang bracing melalui pengukuran geometrik rumah dan analisa struktur dengan metode numerik menggunakan perangkat lunak, sehingga diperoleh gambaran strukturbangunannya.Hasilnya adalah analisa struktur dengan dan tanpa bracing menggunakan metode numerik struktur rumah tradisional Nias Selatanyang dapat menjadi acuan atau sumber data pada penelitian selanjutnya, khususnya perilaku sistem struktur bangunan tradisional dalam stabilitasnya terhadap beban gempa.


Full Text:

PDF

References


Lumantarna, B., Lukito, M. 1997, RESMAT Sebuah Program Interaktif untuk Menghasilkan Riwayat Waktu Gempa dengan Spektrum Tertentu, Proc. HAKI Conference 1997, 13-14 Agustus, Jakarta, Indonesia, pp. 128-135.

Lase, Y. 2005, Kontrol Seismik pada Rumah Adat Nias, Proc. HAKI conference, Jakarta, Indonesia, pp. 1-10.

Loka Teknologi Permukiman Medan, 2012, Pengkajian Kehandalan Struktur Rumah Tradisional Batak Toba dan Nias Selatan, Laporan Akhir, Loka Teknologi Permukiman Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dian Taviana, Ronal H.T Simbolon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License