PERANCANGAN KERANGKA DAN POMPA AIR TRAKTOR MINI PENGGEMBUR TANAH DENGAN MOTOR BERKAPASITAS 6,5 HP

Adam Pratama, Junaidi Junaidi, Yulfitra Yulfitra

Abstract


Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka akan medorong dunia industri yang juga kian mengalami perkembangan. Dimana mayoritas pertanian negeri masih disokong oleh pertanian yang konvensional. Traktor adalah alat yang sering digunakan untuk menggemburkan lahan pertanian, kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah atau untuk menarik trailer atau implemen yang digunakan dalam pertanian atau kontruksi. Instrumen pertanian umumnya digerakkan dengan menggunakan kendaraan ini. Tujuan yang diinginkan yaitu merancang traktor mini penggembur tanah menggunakan mesin 6,5 hp, menghitung daya poros dan besar-besaran perancangan kontruksi mesin dan mendesain traktor mini penggembur tanah sesuai kebutuhan petani. Jenis tanah yang sesuai untuk kegiatan pertanian akan menjadi aspek penting dalam sektor pertanian. Dimana instrumen pertanian bermesin pertama adalah mesin portebel pada tahun 1800 an, yaitu mesin uap yang bisa digunakan untuk mengendalikan mekanis pertanian. Besi UNP merupakan bahan baja utama yang biasanya dipakai di Indonesia berdasarkan kebutuhan kontruksi. Bahan kontruksi jenisini sudah memenuhi standart kontruksi sehingga sangat direkomendasikan sebagai bahan kontruksi. Besi pipa merupakan suatu alat yang digunakan untuk transportasi fluida (cair, gas) dari suatu tempat ke tempat lainnya. Besi pipa struktural secara umum adalah jenis pipa kontruksi baja yang memenuhi standart komposisi kimia dan sifat mekanik tertentu. Adapun perhitungan ialah daya motor 6,5 hp, putaran motor 29673,9 rpm, panjang poros 1000 mm, bahan poros S 50C, kekuatan tarik 62 kg/  dan diameter 20 mm. Mendesain adalah suatu perancangan dimana pembuatan struktur rangka dan mesin yang mau digunakan. Dari proses pembuatan rangka traktor mesin penggembur tanah, mulai dari persiapan alat dan bahan, pengukuran dan pemotongan, pengelasan, pengecatan dan uji traktor. Dan setiap komponen yang sesuai digunakan dan dapat melakukan perhitungan setiap komponen.


Keywords


Traktor; tanah; unp; pipa; perhitungan poros dan desain traktor

Full Text:

PDF

References


A. W. Febryan, “Pembuatan Rangka Mesin Penggembur Tanah,” 2021.

Syifaun Nafisah, “Hunter Automotive: Pengertian Perancangan,” Http://Automotivehunter.Blogspot.Com/. hal. 1, 2003. “unp.”

A. Madya, “Scanned by CamScanner,” 2017.

M. R. R. H. Purnomo Jeremia Gacius, “Rancang Bangun Mesin Perajang Singkong Untuk Keripik Dengan Satu Pendorong Berbasis Bandul,” Dep. Tek. Mesin Ind. Its, 2017. “sprocket.”

A. Kamrul, “Pengertian gear box.” 1375. “jurnal traktor dan alat”.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v19i2.9858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adam Pratama, Junaidi Junaidi, Yulfitra Yulfitra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License