Deteksi Kehadiran Mahasiswa Secara Realtime Menggunakan Webcam dengan metode Viola Jones

Rina Hariani, Nurul Fadillah

Abstract


Pelaksanaan pengisian daftar kehadiran secara manual dapat menjadi penghambat bagi  universitas untuk  memantau kedisiplinan mahasiswa. Sistem kehadiran manual dapat diganti dengan sistem kehadiran terkomputerisasi yang mendasarkan proses identifikasi mahasiswa. Absensi adalah suatu pendataan kehadiran, bagian dari pelaporan aktivitas suatu institusi, atau komponen institusi itu sendiri yang berisi data-data kehadiran yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pihak yang berkepentingan.Aplikasi komputer yang dikembangkan pada sistem absensi adalah aplikasi komputer yang dapat mengenali wajah seseorang hanya dengan menggunakan webcam.Pengenalan wajah dalam penelitian ini menggunakan sebuah webcam untuk menangkap suatu objek wajah mahasiswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Viola Jones.Pada sistem ini, digunakan pengujian dengan ekspresi wajah normal. Tingkat keberhasilan pengenalan dengan ekspresi wajah normal menggunakan metode Viola Jones sebesar 93,7%. Penggunaan metode ini sangat cocok pada system absensi secara relatime  kerena kecepatan pemrosesan 15 kali lebih cepat daripada detektor Rowley Baluja-Kanade dan kurang lebih 600 kali lebih cepat daripada detektor Schneiderman-Kanade.


Keywords


metode viola jones; deteksi wajah ; real time; mahasiswa;

Full Text:

PDF

References


Aditya Wisnu W I, Anthony F & Andrian S (2009). Analisis dan Perancangan Sistem Identifikasi Berbasis Wajah dengan Menggunakan Pustaka Open CV. Jurusan Teknik Informatika – Universitas Binus

.

Cho Junguk, Mirzaei Shahnam, Oberg Jason, & Kastner Ryan (2009). FPGA-Based Face Deyection System Using Haar Classifiers. Department of Computer Science and Engineering University of California, San Diego United States, & Department of Electrical and Computer Engineering University of California, Santa Barbara, United states.

Dwisnanto Putro M, Bharata Adji T, & Winduratna B (2012). Deteksi Wajah dengan Menggunakan Metode Viola-Jones. Magister Instrumentasi Elektro FT UGM. Seminar Nasional “Science, Engineering and Technology (SciETec).

Eka Puspitasari D, Hidayatno A, & Ajulian Zahra A. Pengenalan Wajah Menggunakan Metode PCA untuk Aplikasi Sistem Keamanan Rumah. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Gunadi K & Pongsitanan Reinard S. Pembuatan Perangkat Lunak Pengenalan Wajah Menggunakan PCA. Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika – Universitas Kristen Petra. Jurnal Informatika Vol. 2, No. 2, Nov 2001:67-81.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i2.1030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rina Hariani, Nurul Fadillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License