Implementasi Darurat Keamanan dan Kesehatan Berbasis Mobile di Desa Waru Barat Pamekasan

Abd. Wahab Syahroni, Ubaidi Ubaidi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemberian informasi keamanan dan kesehatan warga kepada aparat desa secara digital menggunakan smartphone android di desa waru barat, kabupaten pamekasan, madura, jawa timur. Penerapan aplikasi ini akan memberikan respon yang cepat oleh aparat desa terhadap laporan tindakan kejahatan dan kesehatan yang dialami oleh warga. Pengembangan aplikasi dalam penelitian ini menggunakan metode prototyping. Beberapa langkah dalam pengembangan aplikasi menggunakan metode prototyping antara lain initial requirement, design prototyping, protototype, client evaluation, review and updating, development, test dan maintain. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini antara lain laporan darurat keamanan dan laporan darurat kesehatan. Ketika warga menekan tombol darurat keamanan maka aplikasi akan mengirim data GPS warga melalui bantuan Application  Programming  Interface  (API)  di  Google Maps ke server aplikasi yang terdapat di balai desa, aparat desa akan mengkonfirmasi laporan dan akan meneruskan kepada petugas keamanan. Petugas keamanan akan menuju ke lokasi yang diberikan. Demikin juga dengan laporan kesehatan, ketika warga menekan tombol darurat kesehatan, maka aplikasi akan mengirim data GPS warga ke server aplikasi yang terdapat di balai desa, aparat desa akan mengkonfirmasi laporan dan akan meneruskan kepada petugas kesehatan. Petugas kesehatan akan menuju ke lokasi yang diberikan. Aplikasi ini telah di uji coba di desa waru barat. Dari hasil ujicoba menggunakan metode blackbox dapat disimpulkan bahwa semua fungsionalitas sistem sudah dapat berjalan dengan baik. Sedangkan hasil survei menggunakan skala likert terhadap 100 warga mengenai kepuasan terhadap penggunaan aplikasi ini adalah setuju, ditunjukan dengan nilai indeks kepuasan bernilai 70,8%

Keywords


keamanan; kesehatan; smartphone; GPS; warga;

Full Text:

PDF

References


KBBI, 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/keamanan [Diakses 12 Januari 2019].

KBBI, 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/sehat [Diakses 12 Januari 2019].

Syafiq, Ahmad; Rizqi Prastyo, Zuniar; Listyorini, Tri. 2016. PEMANFAATAN GOOGLE MAPS API UNTUK PENCARIAN JALUR LOKASI SPBU TERDEKAT DI KOTA JEPARA & KUDUS DENGAN TEKNOLOGI NODE-JS, Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika (SELISIK 2016), Mei 2016. ISSN : 2503-2844.

Syahroni, Abd Wahab., Ubaidi. 2018. "Perancangan Aplikasi E-Money dan SMS Gateway untuk Pondok Pesantren di Daerah Madura." JURNAL ILMIAH LINK (Lintas Sistem Informasi dan Komputer) 27. 1, 1-7.

Jaya, Tri Sandhika. 2018. "Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis." Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT) 03. 02, 45-48.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i2.1068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abd. Wahab Syahroni, Ubaidi Ubaidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License