MOSELE : APLIKASI MOBILE LEARNING BUDIDAYA LELE SISTEM TERPAL BERBASIS ANDROID

novita indah pramudita, Herman Yuliansyah

Abstract


Abstrak

Budidaya lele merupakan jenis usaha yang jika tidak direncanakan dengan matang, akan sangat merugikan usaha. Ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan dalam merencanakan usaha budidaya lele, yaitu penyusunan jadwal kegiatan, menetapkan fasilitas fisik, dan menentukan spesifikasi pekerjaan. Dalam hal ini yang paling penting adalah penjadwalan kegiatan, karena dalam proses ternak lele memerlukan banyak proses dalam pemeliharaannya yaitu proses pembuatan kolam, pemilihan  bibit, peneberan bibit, pemberian pakan, dan jadwal panen. Dalam hal ini, pendampingan budidaya lele oleh Petugas Pendamping Ternak sangat penting untuk membantu peternak dalam melakukan proses kegiatan budidaya lele. Di Posdaya lele sanden, para peternak yang tergabung dalam anggota ternak berdomisili di dusun- dusun kawasan sanden, sehingga Petugas Pendamping Ternak (PPT) merasa kesulitan dalam melakukan proses pendampingan ternak. Saat ini proses pendampingan ternak masih dilakukan dengan cara datang langsung ke lokasi budidaya lele. Masalah tersebut dapat diatasi dengan Aplikasi Mobile yang sedang dikembangkan. Agar penyampaian informasi mengenai jadwal kegiatan ternak dapat dilakukan dengan mudah maka dibutuhkan Web Service yang mampu mengirim jadwal kegiatan ternak secara otomatis berupa Push Notification yang dikirim ke Aplikasi Mobile.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Kemudian dianalisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Implementasi aplikasi memanfaatkan Java Android. Pengujian sistem dilakukan dengan metode Blackbox Test.

Hasil dari penilitian ini adalah Aplikasi Mobile yang digunakan oleh Peternak sebagai media untuk menerima notifikasi berupa informasi jadwal kegiatan budidaya lele.

 




Keywords


mobile learning, android, mobile, Learning, budidaya lele terpal, Aplikasi Mobile, Web Service, Push Notification, Android Cloud To Device Messaging.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 novita indah pramudita, Herman Yuliansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License