Kombinasi Algoritma C.45 dan Profile Matching Pada Penilaian Kinerja Karyawan

Entin Sutinah

Abstract


PD. Tri Jaya Motor merupakan sebuah perusahaan dagang  yang bergerak dibidang penjualan spare part berbagai jenis motor dan saat ini sedang membutuhkan suatu penilaian untuk memilih karyawannya yang terbaik untuk diberikan sebuah reward dan menetukan besarnya tunjangan bonus tahunan, karena saat ini dalam penilaian karyawannya hanya ditentukan berdasarkan satu  kriteria saja yaitu hanya menilai dari kecepatan karyawan tersebut dalam bekerja, tanpa mempertimbangkan kriteria lain. Tujuan penelitian ini membantu perusahaan dalam menentukan dan menilai karyawan terbaik dengan  menggunakan suatu metode dan untuk membantu memecahkan permasalahan tersebut dilakukan proses suatu penilain dengan mengkombinasikan algoritma C.45 dan profile matching dalam proses penilaian karyawan serta untuk memilih karyawan terbaik. Hasil penilitian ini terdapat tiga alternatif karyawan dan yang terpilih karyawan K1, K11, K15 dan ketiga karyawan tersebut berhak menerima reward yang ditawarkan perusahaan. Dengan mengkombinasikan algoritma c.45 dan profile matching, untuk algoritma C.45 yang akan dijadikan kriteria utama yaitu loyalitas dan nantinya akan dijadikan sebagai root pada pohon keputusan sedangkan profile matching akan menghasilkan perengkingan dari alternatif.

Keywords


Algoritma C.45, Profile Matching, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


N. Ghoniyah and Masurip, “Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Komitmen,” J. Din. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 118–129, 2011.

B. Mosardi and I. K. D. Nuryana, “Sistem Optimasi Pemberian Bonus Pegawai Di Mix’s Tour Travel (Studi Kasus :Mix’s Tour Travel),” J. Manaj. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 160–165, 2016.

H. Anwar, “Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah,” J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. April, pp. 37–56, 2014.

Ernawati, N. A. Hidayah, and E. Fetrina, “Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile ( Studi Kasus : Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta ),” J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 127–134, 2017.

J. Han, M. Kamber, and J. Pei, Data MiningConcepts and Techniques. uSA: Elsevier, 2012.

N. Azwanti and E. Elisa, “Analisis Pola Penyakit Hipertensi Menggunakan Algoritma C4.5,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 3, no. 2, pp. 116–123, 2019.

J. Han, M. Kamber, and J. Pei, Data MiningConcepts and Techniques. USA: Elsevier, 2012.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i2.2230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Entin Sutinah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License