Penggabungan Gambar Panorama Menggunakan Metode SIFT (Scale Invariant Feature Transform )

Ilmi Hasny, Munawir Munawir, Nurul Fadillah

Abstract


Penggabungan gambar merupakan suatu proses menggabungkan gambar yang berbeda dan tumpang tindih menghasilkan sebuah gambar panorama. Gambar panorama adalah sebuah gambar yang memiliki sudut pandang yang luas dan sering disebut wide angle.  Pengenalan objek merupakan suatu proses yang memberikan klarifikasi terhadap objek bentuk tertentu pada suatu gambar. Pengenalan objek memiliki tahap deteksi dan pengenalan. Ekstraksi fitur merupakan salah satu tahap untuk mengambil fitur-fitur penting yang mencirikan objek yang ingin dikenali. Salah satu metode ekstraksi fitur yaitu SIFT (Scale Invariant Feature Transform) dikatakan bahwa metode ini tidak terpengaruh oleh perubahan ukuran, adanya translasi, atau rotasi pada objek. Metode ini digunakan untuk pencarian keypoint. Jumlah keypoint dapat berubah berdasarkan  nilai threshold. Jikalau nilai threshold lebih tinggi maka pencarian keypoint lebih akurat. Pada percobaan dengan nilai threshold 1 ditemukan keypoint sebanyak 41 dan nilai erornya 0,2743. Pada saat nilai threshold dinaikkan menjadi 3 jumlah keypoint yang ditemukan adalah 90 dan nilai erornya 1,0541.

Keywords


Penggabungan, Panorama, Citra, SIFT

Full Text:

PDF

References


Indartono, K., Intan, D., Saputra, S., & Santiko, I. (2016). Perbandingan Kinerja Metode Scale Invariant Feature Transform dan Sum of Squared Difference pada Image Mosaic. 23–24.

J, A. M. K., & Priya, S. (2017). Panoramic Image Stitching based on Feature Extraction and Correlation. International Journal of Modern Trends in Engineering & Research, 4(2), 135–143.

Kale, P., & Singh, K. R. (2015). A Technical Analysis of Image Stitching Algorithm. 6(1), 284–288.

Mukhlis. (2015). Implementasi Algoritma Affine Scale Invariant Feature Transform Untuk Pengenalan Wajah Pada Citra Sketsa.

Rosidin. (2018). Analisis Pendeteksi Kecocokan Objek Pada Citra Digital Menggunakan Matlab Dengan Metode Algoritma Sift.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i2.2345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilmi Hasny, Munawir Munawir, Nurul Fadillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License