Deteksi Pencurian Arus Listrik pada Rumah Tangga Menggunakan Arduino Uno

Herdianto Herdianto

Abstract


Kehidupan masyarakat Indonesia yang terus maju dan berkembang membuat kebutuhan hidup menjadi semakin beragam, salah satunya adalah kebutuhan akan adanya energi listrik. Untuk memenuhi kebutuhan energi listrik ini, ada kecenderungan di masyarakat untuk memperolehnya dengan cara-cara yang menyimpang seperti  pemakaian listrik secara tidak sah (pencurian) yang  dilakukan oleh pelanggan.  Oleh karena  itu penelitian ini bertujuan merancang sebuah  sistem yang dapat mendeteksi pencurian arus listrik menggunakan arduino  uno  dengan tingkat keberhasilan 100%. Untuk itu metode yang digunakan pada penelitian ini aplikasi demonstrasi dengan langkah-langkah penelitian  antara lain menganalisis  bagian-bagian sistem, merancang skema rangkaian,  mengimplementasikan, menguji implementasi skema rangkaian,  merancang  program  sistem  dan   menguji   sistem  secara keseluruhan. Dari   pengujian  yang telah dilakukan diketahui  tingkat keberhasilan dalam mendeteksi pencurian arus  listrik  mencapai 100% .


Keywords


pencurian, deteksi, metode, langkah, pengujian

Full Text:

PDF

References


P. Wicaksono, “Ini Cara PLN Deteksi Pencurian Listrik,” liputan6.com, 2016. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/bisnis/read/2453718/ini-cara-pln-deteksi-pencurian-listrik.

A. Amelia, “PLN Kehilangan Pendapatan Rp 10 Triliun Akibat Pencurian Listrik Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul ‘PLN Kehilangan Pendapatan Rp 10 Triliun Akibat Pencurian Listrik’ , https://katadata.co.id/berita/2018/04/25/pln-kehilangan-pendapata,” 2018. [Online]. Available: https://katadata.co.id/berita/2018/04/25/pln-kehilangan-pendapatan-rp-10-triliun-akibat-pencurian-listrik. [Accessed: 04-Jan-2020].

S. Sujito, “SISTEM DETEKSI HILANG DAYA PADA GARDU TRAFO TIANG JARINGAN TEGANGAN RENDAH PELANGGAN PLN,” TEKNO, vol. 12, no. 1, pp. 62–75, 2009.

A. Sony, “RUMUSAN METODE DETEKSI PENCURIAN LISTRIK MEMANFAATKAN PERANGKAT WSN,” MIPA, vol. 39, no. 2, pp. 107–114, 2016.

H. Herdianto, “PERANCANGAN TEKS BERJALAN BERBASIS SMS SEBAGAI MEDIA INFORMASI NELAYAN DI DESA BAGAN DELI BELAWAN,” Pelita Inform., vol. 6, no. 3, pp. 1–7, 2018.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i2.2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Herdianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License