Peringkasan paper dengan metode Sparse Nonnegative Matrix Factorization untuk Pemeriksaan Kesesuaian dengan Abstrak Tugas Akhir

Irwan Darmawan, Reddy Alexandro H, Hendrawan Armato

Abstract


Salah satu jurusan yang terdapat di Universitas Madura adalah teknik informatika dimana ketika mahasiswa sebelum yudisium maka harus mengumpulkan paper terlebih dahulu sebagai salah satu syarat untuk yudisium. Isi dari paper yang tulis oleh mahasiswa terkadang tidak sesuai dengan abstrak paper tersebut. Sehingga diperlukan sebuah sistem yang dapat memeriksa kesesuaian isi dari paper dengan abstrak paper yang ditulis.

Metode yang digunakan dalam meringkas dokumen/paper adalah dengan menggunakan model graph. Model graph ini digunakan untuk menentukan bobot masing-masing kalimat supaya dapat di cluster. Cluster yang digunakan adalah dengan menggunakan metode SNMF (Sparse Non Negative Matrix Faktorization) kemudian dari hasil cluster diambil 2 kalimat tertinggi dari hasil masing-masing cluster untuk menentukan hasil ringkasan, dan sebagai pembandingnya adalah hasil ringkasan yang dibuat oleh pakar.

 

Untuk membuktikan seberapa efektif metode SNMF dalam menyelesaikan permasalahan, penulis melakukan beberapa uji coba. Setelah melewati beberapa uji coba, penulis menyimpulkan bahwa algoritma SNMF mampu menyelesaikan dengan baik untuk permasalahan pada peringkasan paper dan mampu memeriksa kesesuaian abstrak terhadap tugas akhir mahasiswa Universitas Madura dengan hasil akurasi recall 54.63.

Kata Kunci—Perangkuman Otomatis, SNMF, Bobot Graf, Recall.


Keywords


Perangkuman Otomatis; SNMF; Bobot Graf; Recall;

Full Text:

PDF

References


Shuzhi Sam Ge, Zhengchen Zhang, Hongsheng He (2013), “Weighted graph Model based sentence clustering and Rangking for Document Summarization”, Journal of IEEE,2013

Anyman El-Kilany,Iman Saleh (2012), “Unsupervised Document Summarization Using Clusters of Dependency Graph Nodes”, Journal of International Conference on Intelligent Systems Design and Applications (ISDA), IEEE (2012),hal557-561.

Ailin Li, Tao Jiang, Qingshuai Wang, Hongzhi Yu (2016), “The Mixture of TextRank and LexRank Techniques of Single Document Automatic Summarization Research in Tiben”, Journal of International Conference on Intelligent Human-Machine Systems and Cybernetics, IEEE (2016) hal. 514-519.

Patrik O. Hoyer, (2004), “Non-Negative Matrix Factorization with Sparseness Constrains”, International Journal of Machine Learning Research, 5,(2004), hal. 1457-1459.

Lee, D. D., & Seung, H. S. (2001). Algorithm for non-negative matrix factorization. Advance in Neural Information Processing Systems, 13 , 556-562.

Sarkar, Kamal, (2013), “Automatic single document Text Summarization Using Key Consepts in Document,” The Journal of J Inf Process Syst, vol. 9,no.4, pp. 602–620, 2013.

Rolly Intan, Andrew Defeng, “HARD:Subject-based Search Engine menggunakanTF-IDF dan Jaccard’s Coefficient”. Universitas Kristen petra, Surabaya.

Asian J. (2007) “Effective Techniques for Indonesian Text Retrieval”. PhD thesis School of Computer Science and Information Technology RMIT University Australia.

Anyman El-Kilany,Iman Saleh (2012), “Unsupervised Document Summarization Using Clusters of Dependency Graph Nodes”, Journal of International Conference on Intelligent Systems Design and Applications (ISDA), IEEE (2012),hal557-561.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i1.2473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Irwan Darmawan, Reddy Alexandro H, Hendrawan Armato

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License