Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban

Ninda Lutfiani, Eka Purnama Harahap, Qurotul Aini, Alfian Dimas Ahsanul Rizki Ahmad, Untung Rahardja

Abstract


ILearning merupakan sebuah inovasi dari era industri 4.0 dimana pembelajaran dilakukan secara online, ilearning bukan suatu hal yang baru, banyak universitas dunia yang sudah menerapkan iLearning sejak beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi permasalahan nya adalah masih sedikit orang yang membahas mengenai bagaimana sebua manajemen proyek iLearning ini berjalan dengan baik dan lancar, tujuan dari penulisan ini adalah untuk merancang bagaimana manajemen proyek iLearning dengan menggunakan metode agile scrumban. Dan hasil dari penelitian ini adalah untuk pengguanaan manajemen proyek iLearnig menggunakan metode agile ini menjadi lebih efektif.

Pendekatan manajemen proyek agile scrumban yang berkembang sebelumnya di industry perangkat lunak dimana ia telah tumbuh dan berkembang dengan melalui kemajuan empiris sangat cocok untuk skala besar seperti ilearning ini. Keuntungan utama mengguanakan yang ditemukan Ketika menerapkan pendekatan agile dalam manajemen proyek iLearning ini. Manajemen Agile melalui metode scrumban ini hampir memaksa peserta atau klien untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam iLearning. Karena metodologi agile development scrumban memdudahkan dan memberikan ruang bagi media pembelajaran agar dapat dikembangkan ke arah yang lebih luas lagi dalam bentuk nya sebagai media pembelajaran.


Keywords


Agile; Scrumban; I-Learning

Full Text:

PDF

References


M. STOICA, B. GHILIC-MICU, M. MIRCEA, dan C. USCATU, “Analyzing Agile Development – from Waterfall Style to Scrumban,” Inform. Econ., vol. 20, no. 4/2016, hal. 5–14, 2016.

M. Alqudah dan R. Razali, “An empirical study of Scrumban formation based on the selection of scrum and Kanban practices,” Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 8, no. 6, hal. 2315–2322, 2018.

U. Ependi, “Implementasi Model Scrum pada Sistem Informasi Seleksi Masuk Mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, hal. 49–55, 2018.

A. J. Paul dan S. K. Rahman, “Study on Agile Management in Construction Project Using Scrumban Methodology,” Int. Res. J. Eng. Technol., vol. 774, hal. 774–777, 2008.

R. A. T.Yuri, M. Zagloel, Dyah Ariningtyas.H.P., “Simulasi Perbandingan Efek Penerapan Metode Kanban dan ConWIP pada Manufaktur,” no. November, hal. 27–32, 2009.

L. Brezočnik dan Č. Majer, “Comparison of agile methods: Scrum, Kanban, and Scrumban,” Proc. 19th Int. Multiconference Inf. Soc., vol. C, no. July, hal. 1–5, 2016.

P. Batarius, “Analisis Metode Ahp,” vol. 2013, no. Sentika, hal. 482–498, 2013.

N. Kirovska dan S. Koceski, “Usage of Kanban methodology at software,” J. Appl. Econ. Bus., vol. 3, no. 3, hal. 25–34, 2015.

E. E. Hassanein dan S. A. Hassanien, “Cost Efficient Scrum Process Methodology to Improve Agile Software Development,” nternational J. Comput. Sci. Inf. Secur., vol. 18, no. 4, hal. 123–131, 2020.

S. Al-Saqqa, S. Sawalha, dan H. Abdelnabi, “Agile software development: Methodologies and trends,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 14, no. 11, hal. 246–270, 2020.

R. Wulan, “PENGEMBANGAN KONFIGURASI MODEL ANALISIS ARSITEKTUR AGILE PADA PERUSAHAAN BISNIS IT ONLINE (Studi kasus Lazada dan Bhineka.com),” Fakt. Exacta, vol. 9, no. 2, hal. 166–177, 2016.

T. Rizaldi, “Implementasi Metodologi SCRUM dalam Pengembangan Sistem Pembayaran Elektronik Pada Usaha Mikro Kecil Menengah,” Cereb. Cortex, vol. 27, no. 1, hal. 485–495, 2017.

U. Rahardja, N. Lutfiani, A. D. Lestari, dan E. B. P. Manurung, “Inovasi Perguruan Tinggi Raharja Dalam Era Disruptif Menggunakan Metodologi iLearning,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 13, no. 1, hal. 23, 2019.

U. Rahardja, I. Handayani, N. Lutfiani, dan F. P. Oganda, “An Interactive Content Media on Information System iLearning+,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 14, no. 1, hal. 57, 2020.

U. Rahardja, N. Lutfiani, E. P. Harahap, dan L. Wijayanti, “iLearning: Metode Pembelajaran Inovatif di Era Education 4.0,” Technomedia J., vol. 4, no. 2, hal. 261–276, 2019.

U. Rahardja, Q. Aini, H. D. Ariessanti, dan A. Khoirunisa, “Pengaruh Gamifikasi pada iDu (iLearning Education) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa,” NJCA (Nusantara J. Comput. Its Appl., vol. 3, no. 2, hal. 120–124, 2018.

T. H. Suharno, C. Lesmana, dan R. Permana, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA SMK ETHIKA PONTIANAK,” hal. 1–10.

U. Rahardja, N. Lutfiani, I. Handayani, dan F. M. Suryaman, “Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning + Pada Perguruan Tinggi Student Learning Motivation Against iLearning + Online Learning Method in Higher Education,” J. Sisfotenika, vol. 9, no. 2, hal. 192–202, 2019.

K. A. Subagya, D. Pratami, dan M. A. Hasibuan, “Pengembangan konten e-learning menggunakan design sprint pada mata kuliah Manajemen Proyek,” JISI J. Integr. Sist. Ind., vol. 6, no. 2, 2019.

A. Abdullah Albarq dan R. Qureshi, “The Proposed L-Scrumban Methodology to Improve the Efficiency of Agile Software Development,” Int. J. Inf. Eng. Electron. Bus., vol. 10, no. 3, hal. 23–35, 2018.

W. Suharso, B. I. Wicaksono, dan G. I. Marthasari, “SATIN-Sains dan Teknologi Informasi Penerapan Scrum dan Algoritma COCOMO Pada Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak,” vol. 4, no. 1, 2018.

M. Yilmaz dan R. V. O’Connor, “Gamifikacijski pristup s integriranom Scrumban metodologijom u poboljšanju razvoja softvera: Turska analiza slučaja,” Teh. Vjesn., vol. 23, no. 1, hal. 237–245, 2016.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i1.2848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ninda Lutfiani, Eka Purnama Harahap, Qurotul Aini, Alfian Dimas Ahsanul Rizki Ahmad, Untung Rahardja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License