Sistem Kendali Obstacle Avoidance Robot sebagai Prototype Social Distancing Menggunakan Sensor Ultrasonic dan Arduino

Muhammad Amin, Muhammad Syahputra Novelan

Abstract


Peningkatan kemajuan teknologi dibidang ilmu komputer dan robotika mempunyai dampak positif terhadap kehidupan manusia terutama pada dunia kesehatan, industri, pendidikan, pemerintahan maupun usaha-usaha kecil sampai menengah.  Dimana dengan adanya teknologi pekerjaan yang dapat dikerjakan secara manual dapat dikerjakan secara otomatis.Pada saat ini seluruh dunia sedang dilanda wabah, yang mana setiap manusia atau orang harus menjaga jarak untuk menghindari tertularnya wabah tersebut. Oleh karena itu pada penelitian ini penulis akan membuat sebuah rancangan prototype robot yang akan digunakan untuk keperluan petugas kesehatan atau keperluan yang lain.  Robot ini mampu membaca jarak benda atau hambatan yang ada di sisi depan, kanan dan kiri sesuai dengan jarak yang akan di atur oleh penulis. Agar robot dapat membaca hambatan yang ada di sisi depan, kanan dan kiri, maka robot ini di pasangkan sensor ultrasonic dengan tipe HC-SR04 yang berpadu dengan satu Mini Motor Servo Pro SG90 RC yang berguna untuk mengontrol sensor ultrasonic HC-SR04. Rangkaian utama yang penting pada robot obstacle avoidance yaitu mikrokontroler Arduino Uno yang berfungsi sebagai perangkat utama dalam mengendalikan robot atau sebagai otak robot serta Driver Motor Adafruit Shield L293D yang berfungsi sebagai pendukung pengerak Motor DC. Apabila robot terjebak di pusat depan-kanan-kiri, maka robot membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari jalan keluar.  Rancang bangun dari robot obstacle avoidance meliputi tiga hal yaitu sistem mekanik, elektronika, dan software Arduino untuk memprogram robot. Bahasa yang digunakan dalam program Arduino adalah Bahasa pemrograman Arduino. Robot ini dapat dikembangkan sebagai alat untuk membantu manusia pada masa pandemi ini untuk menjaga jarak atau Social distancing.

Keywords


Sistem Kendali; Sistem Cerdas; Sensor Ultrasonic; Arduino

Full Text:

PDF

References


Wardana, GK., Widiyantara, H., & Susanto, P. (2014). "Rancang Bangun Obstacle Avoidance pada Steering Mobile Robot." Journal of Control and Network System, Vol. 3, No.2 116 – 126

T. Rocky, T. Deddy and Ilhamsyah, "Prototype Sistem Kran Air Otomatis Berbasis Sensor Flowmeter Pada Gedung Bertingkat," Jurnal Coding Sistem Komputer, vol. 03, no. 3, 2015.

W. E. Cahyono, "Kajian Tingkat Pencemaran Sulfur Dioksida dari Industri di Beberapa Daerah di Indonesia," Berita Dirgantara, vol. 12, no. 4, pp. 133-134, 2011.

Amin, M. (2020). Sistem Cerdas Kontrol Kran Air Menggunakan Arduino dan Sensor Ultrasonic: Infotekjar Journal Vol. 4 No. 2 (2020) Edisi Maret pp. 55 - 59.

Kumar, RC., Khan, MS., Kumar, D., Birua, R., Mondal, S., & Para, MK. (2013). "OBSTACLE AVOIDING ROBOT." International Journal of Advanced Research in Electrical, Electronics and Instrumentation Engineering(IJAREEIE), Vol. 2, Issue 4, 2278.

Budiharto, W. (2014). Pengertian Motor Servo Dan Pengimplementasinya . Yogyakarta.

Rizki, H, Wildian, “Rancang BangunSistemWastafel Otomatis BerbasisMikrokontroler Atmega8535 Dengan MenggunakanSensor Fotodioda”, Jurnal Fisika Unand. 2015; 4(2): 106-112.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i1.3003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Amin, Muhammad Syahputra Novelan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License