Penerapan Metode Perancangan Virtual Reality: Tinjauan Literatur

Nurrizqa Nurrizqa, Syahrial Syahrial, Rizal Munadi, Yunidar Yunidar

Abstract


Virtual Reality (VR) merupakan teknologi visual yang menyajikan tampilan alam maya sehingga sama persis dengan dunia nyata yang disimulasikan oleh komputer. Pengembangan aplikasi VR telah banyak digunakan dalam berbagai bidang dan aspek pada kehidupan. Dalam perancangan VR membutuhkan skenario yang kompleks agar aplikasi yang dikembangkan mendapatkan hasil yang terbaik. Artikel ini menjelaskan tentang metode-metode yang dapat digunakan dalam perancangan aplikasi berbasis virtual environment atau virtual reality.Ada 3 metode yang dievaluasi, metode Kaur, metode VRID dan metode Polcar. Metode Kaur menekankan pada perancangan dengan fokuspada bagian interaksi terhadap pengguna dalam dunia virtual, metode VRID berfokus merancang bagian interface atau antarmuka pada dunia virtual, dan metode Polcar merencanakan keseluruhan aspek pada setiap bagian secara detail pada perancangan dunia virtual. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan ketiga metode tersebut dan kegunaandari masing-masing metode untuk membantu perancang dalam memilih metode yang tepat untuk membangun aplikasi VR.

Keywords


Metode Kaur, Metode Polcar, Metode Virtual Reality Interface Design (VRID), Virtual Environment, Virtual Reality

Full Text:

PDF

References


A. Grabowski, Virtual Reality and Virtual Environments-A Tool for Improving Occupational Safety and Health, 1st ed. London: CRC Press, 2020.

L. Alfred T., Vehicle Simulation: Perceptual Fidelity in the Design of Virtual Environments, 1st ed., vol. 53, no. 9. London: CRC Press, 2018.

L. Daniela, New Perspectives on Virtual and Augmented Reality: Finding New Ways to Teach in a Transformed Learning Environment, 1st ed. London: Routledge, 2020.

M. L. Carrio-Pastor, Teaching Language and Teaching Literature in Virtual Environments, 1st ed. Springer Singapore, 2018.

M. A. Pradnyana, K. R. Arthana, dan G. B. H. Sastrawan, “Pengembangan Virtual Reality Pengenalan Binatang Buas Untuk Anak Usia Dini ( Studi Kasus : TK Negeri Pembina Singaraja ),” Lontar Komput., vol. 8, no. 3, 2017.

S. Amin, “Virtual Laboratory Tour dengan Teknologi Deskop Virtual Reality,” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2016.

D. Agushinta R. dan A. Satria, “Pembelajaran 3D Sistem Ekskresi Manusia Berbasis Virtual Reality dan Android,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 4, 2018.

J. Polcar, M. Gregor, P. Horejsi, dan P. Kopecek, “Methodology for Designing Virtual Reality Applications,” 26TH DAAAM Int. Symp. Intell. Manuf. Autom., no. January, hal. 768–774, 2016.

K. Kaur, “Designing Virtual Environments for Usability,” Human-Computer Interact. INTERACT ’97, no. 1994, hal. 636–639, 1997.

C. Fencott, “Towards a Design Methodology for Virtual Environments,” Work. User Centered Des. Implement. Virtual Environ. Univ. York, hal. 1–8, 2020.

V. Tanriverdi dan R. J. K. Jacob, “VRID: A design model and methodology for developing virtual reality interfaces,” ACM Symp. Virtual Real. Softw. Technol. Proceedings, VRST, hal. 175–182, 2001.

J. Foley, A. van Dam, S. Feiner, dan J. Hughes, Computer Graphics, Principles and Practice, 3rd ed. MA:Addision-Wesley, 2013.

T. Moran, “The Command Language Grammar,” Int. J. Man. Mach. Stud., vol. 15, hal. 3–50, 1981.

B. Shneiderman, Designing the User Interface, Strategies for Effective Human-Computer Interaction, 3rd ed. MA:Addision-Wesley, 1998.

G. Booch, Object Oriented Design with Applications. Redwood: CA: Benjamin/Cumming Pub. Co., 1991.

H. Haryanto dan I. Gamayanto, “Benthix VR : A Virtual Reality Simulation Application To Preserve A Traditional Game,” ComTech, vol. 8, no. 4, hal. 183–189, 2017.

E. Ali, Rekayasa Perangkat Lunak, 1 ed. Yogyakarta: CV MVA, 2019.

L. Setiyani, Rekayasa Perangkat Lunak, 1 ed., no. May. Karawang: CV. Jatayu Catra Internusa, 2019.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i2.3458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurrizqa, Syahrial, Rizal Munadi, Yunidar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar
Email: infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License