Perancangan Aplikasi Otomatisasi Identifikasi Gaya Belajar Siswa Berbasis Web

Rizal Fahmi Awaludin, Muhamad Muslih, Sudin Saepudin

Abstract


Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam memahami dan menjalankan proses belajar mengajar yang disebut dengan gaya belajar. Hal ini merupakan salah satu faktor penting dalam mengoptimalkan potensi dari setiap siswa untuk mendukung peningkatan prestasi baik akademik maupun non akademik. Cara identifikasi yang terbilang cukup sulit jika dilakukan secara manual melalui kuesioner menjadi salah satu kendala yang dihadapi di SIT Andalusia. Dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses penghitungan serta identifikasi maka dirancanglah suatu aplikasi yang bertujuan untuk membantu proses pengidentifkasian gaya belajar tersebut. Penggabungan dari kuesioner manual yang dilakukan oleh penelitian penelitian sebelumnya diadopsi sebagai bahan pembuatan suatu sistem identifikasi ini yang kemudian diterapkan pada sebuah web aplikasi dengan tujuan untuk mempermudah akses dan pengisian kuesioner oleh siswa dan mengurangi penggunaan kertas yang berlebih serta menghemat waktu dalam proses analisis hasil kuesioer yang dilakukan. Pada aplikasi sistem ini kuesioner yang dimaksud merupakan ciri-ciri dari kondisi yang dialami siswa dalam menghadapi proses belajar mengajar sehari hari proses pengambilan data awal dilakukan kepada beberapa siswa dengan melakukan kuesioner gaya belajar untuk digunakan pada data latih. Yang kemudian dijadikan bahan identifikasi untuk menentukan gaya belajar yang dominan dilakukan oleh siswa tersebut menggunakan metode naïve bayes. Pada aplikasi ini ditampilkan saran cara belajar yang cocok untuk diterapkan dalam proses belajar siswa tersebut. Aplikasi ini memiliki akurasi 80% setelah melakukan uji menggunakan metode naïve bayes dengan aplikasi rapidminer.


Keywords


Perancangan Sistem Aplikasi, Gaya Belajar Siswa, Sistem Informasi, Web Aplikasi

Full Text:

PDF

References


P. Pemerintah, “PP57-2021 Standar Nasional Pendidikan,” no. 102501, 2021.

F. D. Widayanti, “Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas,” Erudio Journal of Educational Innovation, vol. 2, no. 1, 2013, doi: 10.18551/erudio.2-1.2.

M. Chatib, Sekolahnya manusia: sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia. books.google.com, 2009.

A. Gaya, B. Visual, D. A. N. K. Siswa, B. Di, S. D. Negeri, and A. Wetan, “Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik,” Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 6, no. 1, pp. 26–31, 2020, [Online]. Available: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/2658.

K. Anwar and H. Sitompul, “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Hadits Siswa Kelas Vii Mts. Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan,” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), vol. 9, no. 2, 2016, doi: 10.24114/jtp.v9i2.4904.

S. G. Abdullah, R. Rawansyah, and D. A. Irawati, “Sistem Analisis Gaya Belajar Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbour,” Jurnal Informatika Polinema, vol. 1, no. 1, p. 47, 2014, doi: 10.33795/jip.v1i1.90.

ella dawiyah, “Angket Gaya Belajar,” Scribd. 2012, [Online]. Available: https://id.scribd.com/doc/108518328/Angket-Gaya-Belajar.

W. Wahyudin, “GAYA BELAJAR MAHASISWA,” alqalam, vol. 33, no. 1, pp. 105–120, 2016, [Online]. Available: http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/387.

S. D. Safrianti, “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Program Unggulan Di MAN 1 Kota Malang,” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, pp. 1–115, 2017, [Online]. Available: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4653/1/Hamsar.pdf.

I. M. Prabowo and Subiyanto, “Sistem Rekomendasi Penjurusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Algoritma C4.5,” Jurnal Kependidikan, vol. 1, no. 1, pp. 139–149, 2017.

INFORMATIKALOGI, “Algoritma C4,” Friday, 1 July 2016, 2016. https://www.ilmuskripsi.com/2016/07/algoritma-c45.html.

M. Ibrohim and N. Purwanty, “Rancang Bangun Aplikasi Identifikasi Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining ( Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Sumampir ),” Jurnal ProTekInfo, vol. 4, no. 1, pp. 19–28, 2017.

J. Ramadandi, S, “Klasifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier,” Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), vol. 10, no. September, pp. 170–179, 2020, doi: 10.34010/jati.v10i2.

E. Ismantohadi, L. E. Nugroho, S. S. Kusumawardani, and A. L. Belakang, “Prototipe Sistem E-Learning dengan Pendekatan Gaya Belajar VARK (Kasus:,” Jnteti, vol. 4, no. 3, 2015.

O. Glazunova, N. Morze, B. Golub, O. Burov, T. Voloshyna, and O. Parhomenko, “Learning style identification system: Design and data analysis,” CEUR Workshop Proceedings, vol. 2732, pp. 793–807, 2020.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.4091

Refbacks



Copyright (c) 2021 Rizal Fahmi Awaludin, Muhamad Muslih, Sudin Saepudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License