Komparasi Dua Metode Algoritma Klasifikasi Untuk Prediksi Pemberian Kartu Jakarta Pintar

Agustiena Merdekawati, Jefina Tri Kumalasari

Abstract


Mendapatkan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) harus memenuhi berbagai persyaratan dan kriteria, sayangnya proses penerimaan ini masih dilakukan secara subjektif sehingga rentan untuk tepat sasaran. Knowledge Discovery in Database (KDD) diperlukan dalam penentuan penerima KJP dengan menemukan pola prediksi terbaik. Penelitian ini membandingkan algoritma klasifikasi yaitu ID3 dan Naïve Bayes guna mengekstrak data kemudian mencari model yang sesuai dalam penentuan proses penerimaan KJP dengan menggunakan sekelompok data sehingga didapatkan persentase precision, recall dan accuracy. Keduanya memiliki proses awal yang sama yaitu pre processing atau data cleaning guna membuang data yang tidak sesuai baik data kosong maupun tidak konsisten. Pada algoritma ID3 digunakan pohon keputusan dimana sebelumnya diperlukan pencarian entropi dan gain sedangkan pada Naïve Bayes dengan menghitung jumlah class. Hasil Analisa keduanya kemudian dilakukan proses pengujian dilakukan untuk membandingkan tingkat akurasi data dengan menerapkan confussion matrix dan visualisasi kurva ROC. Hasil pengujian didapat algoritma ID3 menunjukkan tingkat akurasi yang lebih tinggi 77,78% setelah dibandingkan dengan Naïve Bayes. Tools yang digunakan dalam pengolahan data ini yaitu Rapid Miner.


Keywords


Pemberian KJP, Prediksi, Algoritma C4.5, ID3, Algoritma Naive Bayes

Full Text:

PDF

References


D. P. D. J. Pusat Data dan Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, “Indikator Pendidikan 2020-2021.” .

M. R. Fahdia, N. Asnonik, and S. A. Putri, “IMPLEMENTASI METODE NAIVE BAYES PADA ANALISA PENERIMAAN KARTU JAKARTA PINTAR DI SMK AL KAUTSAR JAKARTA,” Inti Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 231–236, 2020.

E. W. Ningsih and Hardiyan, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes Dalam Penentuan Kelayakan Penerima Kartu Jakarta Pintar Plus,” vol. VI, no. 1, pp. 15–20, 2020.

M. Yunus, H. Ramadhan, D. R. Aji, and A. Yulianto, “Penerapan Metode Data Mining C4.5 Untuk Pemilihan Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP),” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 2, 2021.

N. Alfiah, “Klasifikasi Penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Menggunakan Metode Naive Bayes,” J. Teknol. Inf., vol. XVI, pp. 32–40, 2021.

A. Saifudin, “Metode Data Mining Untuk Seleksi Calon Mahasiswa,” J. Teknol. Univ. Muhammadiyah Jakarta, vol. 10, no. 1, pp. 25–36, 2018.

Suyanto, Data Mining Untuk Klasifikasi Dan Klasterisasi Data. Bandung: Informatika, 2019.

M. Arhami and M. Nasir, DATA MINING-Algoritma dan Implementasi, I. Yogyakarta: Andi Publishing, 2020.

Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,” J. Edik Inform., vol. V2.i2 ISSN, pp. 213–219, 2017.

E. Fitriani, “Perbandingan Algoritma C4.5 Dan Naïve Bayes Untuk Menentukan Kelayakan Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 103, 2020.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i2.4891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agustiena Merdekawati, Jefina Tri Kumalasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License