Penerapan Sistem Pakar dalam Upaya Meminimalisir Resiko Penularan Penyakit Kucing

Odi Nurdiawan, Liyanda Pangestu

Abstract


Penyakit pada kucing disebabkan oleh bakteri atau virus karena keadaan lingkungan, iklim atau suhu, bahkan bisa juga dari kontak langsung dengan inang atau induk virus. Virus distemper virus mematikan yang sangat mudah menyerang pada anak kucing yang telah terjadi belakangan ini didaerah kabupaten cirebon. maka dengan ini dapat disimpulkan penyakit yang menyerang pada kucing tersebut merupakan kategori virus dimana anak kucing yang sangat rentang untuk penyakit ini. Metode pendekatan menggunakan  forward chaining. Forward chaining merupakan proses inferensi yang memulai pencarian dari premis atau data masukan berupa gejala menuju pada konklusi yaitu kesimpulan penyakit yang diderita serta memberikan solusi mengenai saran pengobatan dan pencegahan berdasarkan gejala-gejala yang diamati. Hasil penelitian ini dapat melakukan diagnosis dengan cepat, tepat dan akurat terhadap gejala penyakit yang ditimbulkan. Selain itu dapat membantu para pemilik kucing untuk mengenali penyakit yang diderita oleh kucing peliharaannya sehingga kucing mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.


Keywords


Sistem pakar, Diagnosa penyakit, Forward chaining.

Full Text:

PDF

References


Fidyaningsih, S., Agus, F., & Maharani, S. (2016). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Menggunakan Metode Case-Based Reasoning. Prosiding Seminar Ilmu Komputer Dan Teknlogi Informasi, 1(sistem pakar), 113–119.

Fakhrahmad, S. M., Sadreddini, M. H., dan Zolghadri Jahromi, M. 2015. A Proposed Expert System for Word Sense Disambiguation: Deductive Ambiguity Resolution Based on Data Mining and Forward Chaining. Expert Systems. 32(2): 178-191.

Hadi, M., Aini, R. F., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F., Pasuruan, U. M., … Chaining, F. (2016). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Dengan Metode Forward Chaining. Informatika Merdeka Pasuruan, 2(sistem pakar), 111–139.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Andi Offset.

Mohamad, S. N. dan Hashim, A. B. 2015. Forward-Chaining Approach to Expert System for Machine Maintenance. Proceedings of Mechanical Engineering Research Day 2015. MERD'15, 2015. Hal. 79-80.

Mulya, S. (2010). Sistem cerdas untuk mendiagnosa penyakit kucing persia dengan metode forward chaining dan certainty factor. Teknik Informatika-S1 Udinus, (sistem pakar), 1–8.

Paryati. (2013). Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Mendiagnosa Penyakit Kucing. semnasIF 2013, (sistem pakar), 90–98.

Priyanti, D., & Iriani, S. (2013). Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, 2(4), 55–61.

Subronto. (2006). Penyakit Infeksi Parasit dan Mikroba pada Anjing dan Kucing.pdf. Yogyakarta: gajah mada university press.

Susanto, ferdio grady, Limanto, S., Suciadi, marcellinus ferdinand, Studi, P., Informatika, T., Informasi, F., … Chaining, F. (2015). Aplikasi Metode Forward Chaining Untuk Mengidentifikasi Jenis Penyakit Pada Kucing Persia. Snastia, (sistem pakar), 1–5.

Wijayanti, T., & Marbawati, D. (2014). Seropositif toksoplasmosis kucing liar pada tempat-tempat umum di kabupaten banjarnegara. Balaba, 10, 59–64.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i1.532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Odi Nurdiawan, Liyanda Pangestu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License