MODEL KEAMANAN INFORMASI BERBASIS TANDA TANGAN DIGITAL DENGAN DATA ENCRYPTION STANDARD (DES) ALGORITHM

Oris Krianto Sulaiman, Mohamad Ihwani, Salam Fajar Rizki

Abstract

Keamanan dan kerahasiaan informasi merupakan hal yang sangat penting, banyak hal yang telah dilakukan agar keamanan dan kerahasiaan informasi ini terjaga dengan utuh , salah satunya dengan menggunakan teknik kriptografi, kriptografi berperan untuk menjaga kemanan informasi dengan menyandikan informasi tersebut, salah satu algoritma kriptografi untuk penyandian yaitu DES, dimana DES akan melakukan pengacakan berdasarkan s-box hingga 16 putaran, selain menjaga kemanan dan kerahasiaan diperlukan juga nirpenyangkalan dengan menggunakan digital signature algorithm (DSA) atau tanda tangan digital yang mana bertujuan untuk melakukan verifikasi apakah pesan atau informasi tersebut diterima dalam keadaan asli dari pengiriman atau telah dimodifikasi sehingga pesan atau informasi tersebut tidaklah asli.

Full Text:

PDF

References

Kromodimoeljo, S. 2009. Teori dan Aplikasi Kriptografi. SPK IT Consulting.

Munir, R, 2006. “Belajar Ilmu Kriptografi” Penerbit Andi, Yogyakarta.

Paramitasari, A.D., Cahyani, N.D. & Wirayuda, T.A.B. 2009. Implementasi Digital Signature Untuk Verifikasi Data Menggunakan Digital Signature Algorithm (DSA), Telkom-U (2009).

Santoso, Fakhrurrazi, 2012, Model Arsitektur Enterprise Untuk Mendukung Sistem Informasi Pada Universitas Gunung Leuser Kutacane Aceh Tenggara, Tesis, Medan, Universitas Sumatera Utara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.