Metode Terbaru Perancangan Proteksi Petir Eksternal Pada Pembangkit Listrik

Zulkarnain Lubis, Solly Aryza, Selly Annisa

Abstract


Dalam rangka meningkatkan pengaman dan perlindungan terhadap suatu bangunan gedung, baik itu bangunan gedung pemerintahan, perindustrian, perkantoran maupun perumahan, khususnya pada gedung Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Maka pemeliharaan sarana yang terdapat di luar dan dalam gedung haruslah ditangani secara baik dan benar. Kerusakan pada sarana dan peralatan pada suatu bangunan banyak diakibatkan oleh sambaran petir. Untuk itu diperlukan suatu peralatan proteksi yang handal agar dapat melindungi dan mengamankan bangunan gedung tersebut, sehingga sarana yang terdapat didalamnya dapat berfungsi dengan baik. Dari beberapa sistem penangkal petir (SPP) yang ada, dalam hal ini gedung perkantoran/administrasi yang dianalisa pada penelitian ini  menggunakan tipe konvensional (franklin rod), dengan jarak perlindungan 22,8 m.


Full Text:

PDF

References


1. Aris Munandar, Artono, 1990, Teknik Tegangan Tinggi, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

2. Departemen Pekerjaan Umum, 1987, Pedoman Perencanaan Penangkal Petir Lampiran No.19 Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 378/KPTS/1987 Tgl. 31 Agustus 1987.

Gultom, Rapido Parasian, 2008, Analisis Perencanaan Sistem Pengaman Terhadap Sambaran Petir Eksternal Pada Gedung Biro Rektor Universitas Sumatra Utara.

3. Hasse, P., 1988, Overvoltage Protection Of Low Voltage System, Short Run Press Ltd., England.

Peraturan Umum Instalasi Penangkal Petir Untuk Bangunan di Indonesia.1983, Direktorat penyelidikan masalah bangunan. Jakarta.

Razevig, Prof.D.V., 1978, High Voltage Engineering, Khana Publisher, Delhi.

Reynaldo Zoro; Proteksi Terhadap Tegangan Lebih Pada Sistem Tenaga Listrik, ITB Bandung.

Riyatno, Agus, 2012, Studi Proteksi Eksternal pada Gedung Bertingkat Terhadap Efek Sambaran Petir,Teknik Elektro ITM.

SNI 03-7015-2004, Sistem Proteksi Petir pada Bangunan Gedung, Stándar Nasional Indonesia.

T. Rosman Pasaribu, 2007, Analisis Proteksi Eksternal dan Internal Petir Pada Bangunan Gedung PT. INDOSAT Medan terhadap sambaran petir, Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Medan.

Vevyola Betsy, 2005, Studi Mengenai Perencanaan Proteksi Petir Eksternal Pada Bangunan Atau Gedung (Aplikasi pada Gedung Indosat – Medan), Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License