Perancangan Terbaru Model Pembuatan Game Shopping Habit Society Sebagai Media Edukasi Melestarikan Pasar Tradisional Menggunakan Algoritma Shuffle Random

Zulkarnain Lubis, Solly Aryza, Imbran Imbran, Selly Annisa

Abstract


Game memiliki arti dasar permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak–anak hingga orang dewasa. Game sebenarnya penting dalam perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Salah satu tujuan game adalah untuk edukasi atau pembelajaran. Game ini memakai latar belakang tempat berbelanja kota medan, dan memakai algoritma Shuffe Random untuk memecahkan tantangan yang ada dalam game. Game shopping habit adalah game edukasi tentang kebiasaan masyarakat medan yang memiliki hobbi atau kebiasaan, yaitu berbelanja atau shopping. Edukasi yang dimaksudkan dalam game ini ialah bagaimana mengatur finansial yang tersedia terhadap tantangan yang dihadapi yaitu berbelanja dengan tepat sasaran. Game shopping hobit society ini dibangun dengan mengaplikasikan teknologi sebagai media untuk memudahkan pengguna dalam melestarikan pasar tradisional khususnya yang ada di kota medan. Cara menjalankan aplikasi game shopping habit  pada algoritma shuffle random ini dengan mentapping objek-objek yang ada pada setiap pasar yang ada di kota medan. Menjadikan game sebagai media edukasi adalah dengan cara  mengenal sejarah pasar tradisional sehingga user akan memahami asal usul pasar tradisional yang ada di kota medan. Game ini di buat menggunakan pemrograman unity.

Full Text:

PDF

References


Ali Ridho Barakbah dkk. 2013, Logika dan Algoritma. E-Book Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Amelia Yusnita dkk. 2017, Implementasi Algoritma Shuffle Random Pada Edugame Magic Time Berbasis Universal Windows Platform(UWP). Jurnal STMIK Widya Cipta Darma.

Andi Juansyah, 2015, Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System ( A-GPS) Dengan Platform Android. Jurnal Universitas Komputer Indonesia.

A.S Rosa, dan M. Shalahuddin, 2014, Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Balqis Kamalia Fikria, 2014, Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Sebagai Pengacak Posisi Non Playable Character (NPC) Pada Game Tantra Bahari. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ekojono dkk., 2017, Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Pengacakan Soal Game Aritmatika. Jurnal Politeknik Negeri Malang.

Fachrul Kurniawan dan Balqis Kamalia Fikria, 2014, Game Bahari Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle Sebagai Pengacak Posisi NPC. Jurnal Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Gellysa Urva dan Helmi Fauzi Siregar, 2015, Pemodelan UML E-Marketing Minyak Goreng. Jurnal STMIK Royal Kisaran.

Goldstone, Will, 2009, Unity Game Development Essentials. Birmingham: Packt Publishing Ltd.

Irwan, 2016, Penerapan Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Game Kuis Pembelajaran Agama Islam Menggunakan Arsitektur Representation State Transfer (REST) Web Service. Skripsi Universitas Islam Negeri Gunung Djati.

Nazruddin Safaat H., 2012, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. E-Book Informatika Bandung.

R. S. Pressman. ftware Engineering : A Practitioner’s Approach, 7th ed. McGrow Hill. 2010.

Tanjung, Mahardika Abdi Prawira, 2013, Analisis pengaruh storytelling terhadap game lorong waktu-Pangeran Diponegoro sebagai media edukasi sejarah. Skripsi. Unikom;Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License