Penggunaan Inverter 3G3MX2 Untuk Merubah Kecepatan Putar Motor Induksi 3 Phasa

Zulfikar Zulfikar, Noorly Evalina, Arfis A.

Abstract


Motor  induksi  adalah  motor  yang  paling  banyak  di  gunakan  saat  ini, karena memiliki konstruksi yang sederhana, relatif murah, lebih ringan dan memiliki efisiensi yang tinggi serta mudah dalam pemeliharaannya di bandingkan dengan  motor  DC.  Namun  dalam  hal  pengaturan  kecepatan  dan  torsi  motor induksi bukanlah suatu permasalahan yang mudah untuk di lakukan. Pengaturan putaran motor induksi dapat dilakukan dengan menggunakan inverter 3G3MX2 dengan merubah arus, tegangan, daya dan frekuensi. Penelitian ini menganalisis karakteristik kerja dari arus, tegangan, daya, frekuensi dan kecepatan putaran motor induksi,  Berdasarkan hasil penelitian bahwa ketika tegangan dinaikkan maka frekuensi akan semakin besar dan putaran akan semakin cepat.Bila frekuensi diubah lebih besar maka daya yang terukur juga akan semakin besar dan putaran yang dihasilkan akan semakin cepat.


Full Text:

PDF

References


Evalina N, Azis A, Zulfikar, 2018, Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Induksi Menggunakan Programmable Logic Controler, Jounal of Electrical Technology, Vol. 3 No. 2. pp. 72-80.

Heri Haryanto, 2011, Pembuatan Modul Inverter Sebagai Kendali Kecepatan Putaran Motor Induksi, Jurnal Ilmiah , Vol 4 No. 1, pp. 149-159.

Hari, W,W., Bambang, S., 2004, Aplikasi Mikrocontroller AT89C51 Sebagai Pembangkit PWM Sinusoida 1 Fasa Untuk Mengendalikan Putaran Motor Sinkron, Jurnal Penelitian, Universitas Gajah Mada, Jogyakarta.

Muhammad H Rashid, 2006, Elektronika Daya, Rangkaian, Devais dan Aplikasinya, Edisi Bahasa Indonesia Jilid satu edisi kedua, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Tharo, Z, Siahaan A.PU, Evalina, N, 2016, Improvisation Analysis of Reactive Power Energy Saving Lamps Based on Inverter, Ijetjounal.org, vol 2 Issue 5 version 2, pp. 80-145.

Zulfikar, Evalina N, Azis A, Nugraha TN, 2019, Analisis Perubahan Kecepatan Motor Induksi 3 PhasaDengan Menggunakan Inverter 3G3MX2, Semnastek UISU, vol 2, pp 174-177.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License