Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Batak – Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Rule Based Berbasis Android

Hermansyah Alam, Matheus P LumbanTobing, Helma Widya

Abstract


Lahirnya teknologi informasi komputer dalam fasilitas pendukungnya seperti layanann internet saat ini membuat perkembanagan yang sangat luas. Segala informasi-informasi mudah di dapatkan begitu cepat membuat jarak dan waktu manusia. Namun disamping itu masih jarang ditemukan aplikasi yang dapat mempermudah pencarian suatu kata dalam bahasa batak (toba). Aplikasi ini dirasakan perlu karena banyaknya kosakata dalam bahasa batak yang memiliki ejaan yang hamper sama. Proses pencarian kata ini hanya dilakukan dalam bentuk kata dimana setiap kata yang dicari akan muncul beserta arti (keterangan) kata tersebut. Pencarian kata menerapkan perinsip yang dilakukan berdasarkan metode Rule Based dalam melakukan pencarian terhadap sebuah stemming. Sebuah aplikasi yang membantu pemahaman dengan melakukan pencarian kata dengan algoritma yang ada sehingga hasil algoritma yang dapat semakin akurat. Pada  ini akan didekan mengenai pencarian suata kata dalam bahasa batak yang bermanfaat untuk mempermuda penggunaan dalam mencari suatu kata dan arti kata tersebut salah satunya algoritma pencocokan string, yang memanfaatkan metode Rule Based. Metode Rule Based merupakan teknik ini menggunakan aturan-aturan bahasa baku dalam menerjemahkan. Dirancang dalam menggunaka Basic4 Android. Untuk mengimplementasikan cara kerja dari pencarian kata tersebut.


References


D. A. Boyer-moore, C. P. Lestari, N. A. Hasibuan, and G. L. Ginting, 2016, Berbasis Android Dengan Algoritma Boyer-Moore, no. July, pp. 1–6.

J. Pendidikan et al., 2017, Narasi bahasa indonesia siswa SMA Fourmey Rindu Marito Prodi PBSI , STKIP Riama Medan Email : formaypakpahan@gmail.com,vol. 2, no. 2, pp. 69–80.

F. Amin, J. A. Razaq, and K. Kunci, 2018, Approach Pada Sistem Temu Kembali Informasi, pp. 978–979.

E. Utami, S. A. Yogyakarta, and S. Hartati, Pendekatan Metode Rule Based Dalam Mengalihbahasakan Teks, no. June 2014.

E. Utami, J. E. Istiyanto, S. Hartati, and A. Ashari, Penerapan Rule Based dalam Membangun Transliterator Jawatex.

P. Studi, S. Informasi, S. Pakar, F. Chaining, and G. Darah, Penerapan Rule Base Expert System Untuk, vol. 10, no. 2, pp. 666–675.

I. M. G. Sunarya, 2015, Pengembangan Aplikasi Kamus Dan Penerjemah Bahasa Indonesia – Bahasa Bali Menggunakan Metode Rule Based Berbasis Android, vol. 4, pp. 70–81.

R. A. S. M. Shalahuddin, 2016 Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

J. S. Informasi, U. Andalas, and K. L. Manih, 2015, Pembangunan Perangkat Lunak Mobile Gis Kantin, Nov., pp. 2–3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License