Pemodelan Pengeliminasian Bus-Bus Beban Untuk Penyelesaian Aliran Daya

Yusniati Yusniati

Abstract


Disajikan sebuah metoda untuk penyelesaian aliran daya dengan model eliminasi bus-bus beban sistem tenaga lisrik untuk kondisi beban statis. Mula-mula system beban dimodelkan dengan menambahkan konstanta eksponensial model daya aktif dan daya reaktif, selanjutnya direfleksikan dalam matrik admittansi bus, selanjutnya mengeliminasi bus-bus beban. Model yang diperoleh merupakan model yang telah direduksi dengan orde matrik sama dengan jumlah bus generator, variable – variable dari model reduksi ini hanya sudut tegangan bus generator dan dihitung dengan metoda Newton-Raphson, sedangkan sudut tegangan dan tegangan bus-bus beban dihitung dengan metoda-metoda langsung. Teknik Pemodelan dengan pengeliminasian bus-bus beban ini diterapkan pada system tenaga IEEE 14 bus 20 saluran, 30 bus 41 saluran
dan 57 bus 80 saluran dengan model konstanta eksponensial yang bervariasi. Hasil penyelesaian penerapan metoda ini terbukti lebih cepat 20.18 % dibandingkan dengan metoda Newton-Raphson konvensional.

Full Text:

PDF

References


Charles A. Gross, 1996, Power System Analisis, John Willey & Sons, Singapore.

Dias L.G. and Hawary- EL ME, 1989, Effects of of Actice and Reactive Modeling in Optimal Load Flow Studies, IEEE Proceedings, Vol 136 Part C No 5, pp 259-263, Sep.

Dias L.G. and Hawary- EL ME, 1991, Effects of Load Modeling in Security Constarined Off Studies, IEEE Trans on Power System, Vol 6, No 1, February.

George L. Kusic, 1986, Computer Aided Power System Analysis, Prentic Hall, Angle wood Cliffs, New Yersey.

John J. Grainger, William D. Stevenson, Jr, 1994, Power System Analisis, Mc GrawHill, Inc.

Talaq Jawab, 1995, Modeling and Elimination of Load Buses in Power Solution, IEEE Transon Power System, Vol 10, No 3, August.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License