Penyelidikan Hidrogeologi Dengan Metode Geolistrik Schlumberger di Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara

Syamsul Amien

Abstract


Sehubungan dengan pertambahan jumlah penduduk, maka kebutuhan akan air bersih cenderung meningkat. Sumberdaya air bawah permukaan atau airtanah adalah salah satu sektor penting yang menjadi perhatian Pemerintah, karena airtanah merupakan alternatif utama sumber air baku untuk pasokan kebutuhan air bagi berbagai keperluan kegiatan manusia. Dalam mengantisipasi pengaruh pengembangan wilayah secara umum, maka perlu usaha untuk dapat mengatasi kebutuhan air baku, irigasi dan industri serta cara pengendalian yang menjadi penyebab penyaluran dan resapan air ke dalam tanah. Penyelidikan ini di lakukan di Kec. Hamparan Perak, Sumatera Utara yaitu dengan mengukur tahanan jenis dan pemetaan penyebaran lapisan penyalur airtanah (akuifer) agar gambaran tentang kondisi airtanah dapat diketahui. Cara untuk mengetahui keadaan akuifer airtanah, salah satunya adalah dengan metoda Geolistrik yaitu menggunakan metoda tahanan jenis (resistivity) Schlumberger.

Full Text:

PDF

References


Edi Wahyu Pudjianto, 1984, Analisa Kwalitas Air. Pengendalian dan

Pemeriksaan Sampel Air. Departement Kesehatan RI. Akademi Teknologi Sanitasi Surabaya, Penerbit : Bina Indra Karya – Surabaya, Percetakan Offset dan Penerbit, Cetakan ke I BIK offset Printing Surabaya.

Meinzer, O. 1942, Occurence, Origin and Discharge of the Groundwater in Hydrology, Dover. New York. P385-443

Moh. Nazir Ph.D, 2011, Metode Penelitian, Penerbit : Ghalia Indonesia (Anggota IKAPI).

NR. Cameron dkk., 1982, Peta Geologi Lembar Medan, Skala 1 : 250.000;

Robert A. Van Zuidam, 1985, Aerial Photo Interpretation In Terrain Analysis and Geomorphologic, Mapping, Smits Publisher;

Ray K Linsley JR, Max A. Kohler, Joshep LH Paulhus, 1982, Hydrology for Engineers. International Student edition (third Edition) Mc Graw-Hill Series in Water resources and Environmental Engineering. Auckland, Bogota, Guatemala, Hamburg, Johanesburg, Lisbon, London, Madrid, Mexico, New-Delhi, Panama, Paris, San Paulo, Singapure, Sidney, Tokyo.

Robert J.Kodoatie PhD, Roestam Sjarief PhD, 2008, Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu, Penerbit : CV Andi Offset Yogyakarta. Edisi ke II. Hak Cipta 2005, 2008 pd penulis

Rjiv Bari, 1981, Experiments in Engineering Geology, Published by Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited. 12/4 Asaf Ali Road, New Delhi 110024, Editorial Assistant : Ranjan Kaul, Production Supervisor : MS Phogat.

Wahyu., 1985 Penyelidikan Hidrogeologi dengan Pendugaan Geolistrik di Daerah Medan dan Sekitarnya., Laporan Teknis Kanwil Deptamben Prop. SU., Tidak di terbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License