RANCANG BANGUN PENGONTROLAN DAN MONITORING KEBISINGAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA 8535

Syamsul Jmr, Sri Yeni Widianti

Abstract


Ruangan kuliah yang nyaman dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di dalam kelas tersebut. Konsentrasi belajar mahasiswa sangat dipengaruhi oleh berbagai parameter, seperti; suhu ruangan, tingkat kebisingan, pencahayaan dan lainnya. Dari parameter-parameter tersebut pada penelitian ini tingkat kebisingan yang akan dimonitoring terlebih dahulu, dikarenakan peralatan dan sistem  peringatan tentang kebisingan belum tersedia. Monitoring tingkat kebisingan dalam ruangan diperlukan untuk memantau level kebisingan yang terjadi pada ruangan dan informasi ini dapat dijadikan patokan dalam membangun suasan kelas/ruangan. Sistem monitoring ruangan berbasis mikrokontroler Atmega 8535 dipilih agar dalam pemrosesan mudah dilakukan. Pada penelitian ini realisasi peralatan menghasilkan system monitoring tingkat kebisingan yang ditampilkan pada dot matrik yang dapat dipantau dari keseluruhan ruangan. Hasil pengukuran merupakan rata-rata tingkat kebisingan dalam ruangan. Sistem dapat menjangkau tampilan mulai dari ±45 sampai dengan ± 76 dBA. Peringatan kebisingan akan munul berupa teks jika tingkat kebisingan melebihi 56 dB

Kata-kata kunci: Tingkat kebisingan, monitoring, mikrokontroler Atmega 8535


Full Text:

PDF

References


Agus M dan Syam S.N., 2012. Perancangan Alat Uji Kebisingan Knalpot Sepeda Motor Berbasis Mikrokontroler PIC16F877A. Jurnal Sistem Komputer Unikom Komputika. Vol. 1, No.2.

Feidihal. 2007. Tingkat Kebsisingan dan Pengaruhnya terhadap mahasiswa di Bangkel Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang. Jurnal Teknik Mesin PNP Padang. Vol. 4 No.1.

Malvino. 1995. Prinsip-Prinsip Elektronika. Erlangga. Jakarta.

Millman, Halkias. 1997. Elektronika Terpadu. Erlangga. Jakarta.

Nur Metawati. 2013. Evaluasi Pemenuhan Standard Tingkat Kebisingan kelas di SMP Negeri 23 Bandung. Perpustakaan UPI Bandung.

Suci Pringgahapsari. 2010. Intensitas Kebisingan pada ruang baca di Kantor Arsip Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Suyatno dan Ahmad Hisam. 2010. Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Tingkat Kebisingan Bunyi Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Fisika dan Aplikasinya Vol 6, No1.

Syahrul. 2012. Mikrokontroller AVR ATmega8535. Informatika. Bandung

Syamsul, dkk. 2016. Perancangan Dan Pembuatan Modul Praktikum Berbasis Mikrokontroler Untuk Meningkatkan Fungsi Laboratorium Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA). Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika. September 2016. 13(2). Hal 69-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License