Rancang Bangun Cam Operated Switch untuk Saklar Pemindah

Suwitno Suwitno, Budhi Anto, Ambrosius Wahono

Abstract


Pada instalasi listrik, saklar pemindah berfungsi untuk memindahkan pasokan tenaga listrik dari jaringan utilitas (jaringan listrik PLN) ke sumber tenaga listrik cadangan seperti genset ketika pasokan tenaga listrik dari jaringan utilitas terputus. Saklar pemindah akan kembali ke posisi normalnya apabila pasokan tenaga listrik dari jaringan utilitas telah kembali pulih. Artikel ini memaparkan rancang bangun suatu saklar yang digerakkan oleh cam atau cam operatedswitch untuk digunakan sebagai saklar pemindah.Saklar pemindah mempunyai 3 posisi, posisi 0 atau posisi netral digunakan untuk membuka hubungan beban listrik dari jaringan listrik PLN dan dari genset, posisi I digunakan untuk menghubungkan beban listrik ke jaringan listrik PLN dan posisi II digunakan untuk menghubungkan beban listrik ke genset. Sudut kerja cam adalah ±30 derajat. Posisi I dicapai dengan menggerakkan cam 30 derajat berlawanan arah jarum jam dan posisi 0. Posisi II dicapai dengan menggerakkan cam 30 derajat searah jarum jam dari posisi 0. Limit switch digunakan sebagai saklar yang nantinya akan disentuh oleh cam. Apabila limit switch disentuh oleh cam, maka kontak dari limit switch akan menutup dan apabila cam tidak menyentuh limit switch, maka kontak limit switch akan terbuka.Cam nantinya akan digerakkan oleh motor stepping variable reluctance dengan panjang langkah 30 derajat.  


Full Text:

PDF

References


Cheng PT & Chen YH., 2004, Design and Implementation of Solid State Transfer Switches for Power Quality Enhancement. IEEE 35th Annual Conference on Power Electronics Specialists. 2. pp.1108-1114.

Hossein M, Sashi B & Dewan IRM, 2000, Performance Evaluation of Thyristor Based Static Transfer Switch. IEEE Transaction on Power Delivery.15. pp.960-966.

Olson G., 2007, Bypass Transfer Switch Mechanisms. Cummins Power Generation..URL: www.cumminspower.com/ www/literature/technicalpapers/PT-6013- BypasssTransfer-en.pdf.

Sannino A., 2001, Power Quality Improvement in An Industrial Plant with Motor Load by Installing Static Transfer Switch. IEEE Thirty-Sixth Industry Applications Conference (IAS) Ann. Meeting, 2. pp.782-788.

Tian B, et al., 2013, 400-V/1000 kVA Hybrid

Automatic Transfer Switch. IEEE Transaction on Industrial Electronics. 60 (12). pp. 5422-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License